4 Olahan Pisang yang Lezat, Cocok untuk Camilan di Sore Hari

  • VivaNews
  • Sep 08, 2021

Selain enak dinikmati secara langsung. Nyatanya, pisang Cavendish juga sering dijadikan beragam olahan makanan lain yang tidak kalah enaknya. Ya, buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini memang disukai banyak orang di Indonesia.

Bicara soal buah pisang, di Indonesia sendiri ada berbagai jenis pisang dengan tekstur dan tipikal rasa yang berbeda-beda. Begitu pula dengan makanan dari olahan pisang yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Olahan Pisang untuk Camilan di Sore Hari

Nah, buat Anda yang sedang ingin makan pisang setelah pulang kerja di sore hari. Berikut ini beberapa olahan pisang Cavendish yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

  1. Pisang Nugget Saus Karamel

Belakangan ini, pisang nugget menjadi camilan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Camilan dengan citarasa manis dan renyah di luar ini menjadi idola baru yang bisa dinikmati kapanpun.

Pisang yang dilapisi coklat dan dibalut dengan tepung panir, kemudian digoreng kering. Rasanya sulit untuk menolak kenikmatan tersebut. Namun, buat Anda yang ingin mencoba resep baru, Anda bisa menambahkan saus karamel sebagai pelengkap.

Cara membuat saus karamel tidak sulit kok, Anda hanya perlu memanaskan gula hingga mengental. Saus karamel pun sudah siap dijadikan cocolan untuk pisang nugget yang sudah Anda buat.

  1. Bolu Pisang Kukus

Buat Anda yang ingin camilan olahan pisang anti mainstream, Anda bisa membuat bolu pisang kukus. Untuk membuatnya juga cukup mudah, Anda tidak perlu menggunakan oven dan juga mixer.

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah gula palem, pisang, telur dan juga minyak. Campurkan semua bahan, kemudian masukkan ke dalam cetakan dan kukus hingga matang.

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan pisang Ambon. Sebab, pisang jenis ini mempunyai citara manis yang akan membuat bolu lebih legit. Serta gunakan pisang yang sangat matang, guna memberikan rasa dan aroma yang lebih kuat.

Selain pisang ambon, Anda juga bisa menggunakan pisang dengan tekstur empuk dan rasa yang manis, seperti pisang Cavendish, pisang Lampung maupun pisang Mas.

  1. Kolak Pisang Ubi Ungu

Olahan pisang berikutnya yang paling umum dan mudah dibuat adalah kolak pisang. Namun saat ingin membuat kolak, ada baiknya Anda memilih pisang matang yang tidak terlalu lembek. Hindari menggunakan pisang yang mentah dengan tekstur yang masih keras.

Selain pisang, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan ubi ungu, singkong, biji salak maupun ubi merah untuk menambah isian kolak. Untuk menambahkan sensari baru, Anda bisa menambahkan kolang-kaling, agar memberikan sensasi mengunyah yang wah.

  1. Pisang Goreng Saus Kinca

Olahan camilan dari bahan dasar pisang yang berikutnya adalah pisang goreng. Olahan ini menjadi camilan umum yang bisa Anda nikmati kapan saja, baik itu di pagi hari maupun sore hari.

Adapun jenis pisang yang cocok untuk camilan ini adalah pisang tanduk. Pilih pisang yang sudah matang, sehingga rasanya akan lebih legit saat dikunyah. Potong pisang menjadi dua bagian, balut dengan adonan tepung dan goreng hingga matang.

Nah, untuk melengkapi camilan sejuta umat ini, Anda bisa menambahkan saus kinca yang terbuat dari gula merah dan juga santan kelapa. Saus ini sendiri biasanya sering digunakan untuk kuah surabi atau serabi.

Itu dia empat resep camilan dari olahan pisang yang bisa Anda gunakan untuk camilan di sore hari. Nah, buat Anda yang bingung mencari supplier buah terbaik, Anda bisa membelinya di TaniHub. Sebab, TaniHub menyediakan produk terbaik, berkualitas dan segar yang diambil langsung dari petani Indonesia.