Semakin bertambahnya usia, semakin sering seseorang mengalami masalah kesehatan termasuk masalah kulit. Hal ini dipicu oleh kemampuan tubuh yang semakin berkurang dalam meregenerasi sel. Rupanya hal ini juga bisa berpengaruh pada kelainan, seperti hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi sering terjadi pada wanita yang mulai menua. Namun, remaja atau wanita dewasa juga bisa mengalami hal ini jika tidak merawat kulit dengan baik, terutama kulit wajah yang sering terkena paparan sinar matahari. Kelainan ini menyebabkan peningkatan produksi sel melanosit yang membuat kulit gelap.

Untuk mengatasi hal ini, cara aman dan ampuh adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti:

  1. Kentang

Kentang biasa digunakan untuk memudarkan bekas luka dan flek hitam di wajah karena zat pemutih di dalamnya. Selain itu, kentang juga mengandung zat tepung yang dapat mengurangi pigmentasi.

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam dengan kentang. Pertama, kentang dipotong tipis-tipis kemudian letakkan irisan kentang pada flek hitam. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dicuci. Kedua, memarut kentang dan mengaplikasikannya pada wajah. Ketiga, memarut kentang dan mengambil sari-sarinya untuk kemudian dioleskan pada flek.

  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki zat-zat yang dapat mengencangkan kulit dan bersifat anti bakteri. Daun ini juga dapat meredakan peradangan pada kulit baik di dalam maupun di luar. Pilih daun jambu yang sudah kering lalu hancurkan. Campur dengan air hingga mendapatkan tekstur seperti bubur. Oleskan bubur daun ke flek hitam.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa merebus daun jambu yang sudah dihancurkan hingga air berubah cokelat. Setelah air mendingin, oleskan air tersebut pada flek menggunakan kapas.

  1. Kunyit

Kunyit adalah bahan tradisional yang sering digunakan untuk mencerahkan kulit. Kulit mengandung zat yang dapat memperbaiki kulit yang rusak dan mengurangi pigmentasi.

Untuk menghilangkan flek, buat pasta dari 2 sendok teh kunyit bubuk, sedikit susu, dan perasan jeruk lemon. Aplikasikan pasta tersebut pada flek dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

  1. Bawang Merah

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah ternyata dapat membantu mengilangkan flek hitam. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa butir bawang merah dengan cara diblender atau diparut. Lalu, oleskan jus bawang merah pada flek hitam menggunakan kapas. Diamkan hingga mengering secara alami. Untuk kulit sensitif, campurkan jus dengan madu dan aplikasikan seperti biasa. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

  1. Pepaya

Ingat sabun pemutih dari pepaya? Pepaya memang memiliki enzim papain yang dapat mencerahkan kulit sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Haluskan pepaya matang dan aplikasikan masker pepaya tersebut pada flek hitam. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas. Masker ini bisa digunakan 3 atau 4 kali seminggu.

Selain sinar matahari, flek hitam bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, stres, dan kurang tidur. Hal lain yang bisa memicu timbulnya flek hitam adalah kekurangan vitamin, ketidakseimbangan hormon, dan efek samping pemakaian obat.

Biasakan diri Anda dengan pola hidup yang sehat untuk mengurangi kemungkinan munculnya flek hitam. Gunakan juga facial skincare yang berkualitas, untuk pembersih bisa menggunakan produk facial cleanser keluaran NASA.