Sumber: Pinterest.com

Seperti yang kamu ketahui bahwa presentasi adalah salah satu kegiatan untuk menginformasikan atau menjelaskan suatu ide, gagasan, produk atau pikiran. Bahkan kini, presentasi menjadi keterampilan yang sangat penting dalam komunikasi profesional dan bisnis. Untuk menyampaikan suatu hal dalam presentasi, biasanya ada yang menyampaikan berupa visual atau gambar dan ada pula bentuk audio atau suara.

Agar bisa menyampaikan pesan dengan baik dan jelas, tentu kita harus memahami  para audiens, yaitu dengan menyiapkan segala hal yang bisa membantu dan mendukung kegiatan presentasi. Salah satunya adalah dengan menyiapkan segala alat bantu, baik itu berupa visual , audio atau warna background. Nah, berikut ini beberapa alat bantu yang  bisa mendukung kegiatan kamu dalam kegiatan presentasi bisnis.

  • Komputer atau Laptop

Sumber: Pinterest.com

Untuk melakukan presentasi tentu kita memerlukan sebuah laptop atau komputer untuk menyimpan file-file presentasi yang akan disampaikan kepada audiens. Agar kegiatan presentasi kamu berjalan dengan lancar dan sukses tanpa gangguan, kamu bisa melakukan pengaturan pada laptop atau komputer kamu, yaitu dengan mengatur screen saver, power always on, online notification dan presenter view.

Nah sebagai tambahan, kamu juga perlu membawa USB hub jika sewaktu-waktu  port USB pada laptop atau komputer kamu kurang karena jumlahnya yang terbatas. Maka alat yang satu ini dapat kamu andalkan untuk menghubungkan USB pada laptop/komputer.

  • LCD Proyektor

Sumber: Pinterest.com

Alat yang satu ini berfungsi untuk menyampaikan isi pesan dengan bentuk visual. Menurut sebagian orang, menyampaikan pesan dengan bentuk visual atau gambar dapat dipahami dengan mudah oleh audiens ketimbang audio. Biasanya LCD Proyektor digunakan untuk memberikan slide dalam bentuk kata-kata atau video yang bisa mendukung kegiatan presentasi.

  • Papan Tulis

Sumber: Pinterest.com

Meskipun papan tulis sudah jarang digunakan untuk acara presentasi. Tetapi, ada kalanya alat yang satu ini dapat dipakai kembali untuk mendukung kegiatan presentasi. Pada umumnya, papan tulis dipakai untuk memperlihatkan hasil gambar yang dianggap sulit disampaikan dengan kata-kata. Maka papan tulis ini dapat memperjelas maksud dari penyampaian sang presenter dengan mudah.

  • Sound System atau Mikrofon

Sumber: Pinterest.com

Jika melakukan presentasi di ruangan yang cukup besar dan banyaknya audiens yang hadir tentu kamu memerlukan sebuah sound atau mikrofon  untuk menangkap suara presenter dengan jelas dan baik. Untuk itu, kamu juga memerlukan sound system atau mikrofon untuk mendukung kegiatan presentasi bisnis kamu dapat berjalan dengan lancar dan jelas.

  • Video Cassette Recorder ( VCR )

Sumber: Pinterest.com

Video Cassette Recorder ( Perekam kaset video ) merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan presentasi bisnis.  Alat ini mampu merekam segala program kegiatan-kegiatan atau pelatihan tertentu untuk bahan studi presentasi dalam bentuk format kaset video. Pada umumnya, kaset video mempunyai tiga macam jenis format yakni PAL, NTSC dan SECAM.  Selain itu, sarana ini pun mempunyai kelemahan dan keunggulan masing-masing.

  • Laser Pointer atau Remote Presenter

Sumber: Pinterest.com

Menggunakan laser pointer atau remote presenter saat presentasi dapat mendukung kegiatan presentasi kamu menjadi lebih baik dan lancar. Dengan kamu menggunakan laser pointer atau remote presenter maka kamu bisa meng kontrol semua slide presentasi dengan mudah. Kamu bisa bergerak dengan bebas, dan berjalan ditengah audiens tanpa perlu bolak-balik untuk mengganti slide pada laptop.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa alat bantu yang bisa mendukung kegiatan dalam presentasi bisnis. Dengan kamu menguasai semua alat bantu tersebut maka dapat mempengaruhi keberhasilan kamu dalam melakukan presentasi bisnis. Baca juga Ini Dia Beberapa Perbaikan di Green Pramuka City yang Harus kalian Ketahui.