6 Trend Bangunan Rumah 2021 Terpopuler

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Trend Bangunan Rumah 2021 Terpopuler

Memiliki tempat tinggal yang nyaman dengan desain menarik tentu menjadi impian semua orang. Untuk mewujudkan hal itu, banyak pihak memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek karena bingung mencari konsep yang sesuai perkembangan trend bangunan rumah 2021.

Trend Bangunan Rumah Tahun 2021

Bingung mencari inspirasi untuk dijadikan referensi desain tempat tinggal?. Kini tidak perlu bingung, berikut ini ada beberapa trend bangunan rumah yang diprediksi akan populer di tahun 2021, diantaranya seperti:

  1. Rumah Industrial

Salah satu desain rumah yang menjadi trend di tahun 2021 masih didominasi dengan model minimalis disertai sentuhan gaya industrial. Karakteristik bagunan ini berbentuk asimetris dan menggunakan bahan utama seperti kayu, metal, aluminium atau bahan material daur ulang lainnya.

Rumah berkonsep industrial ini mulai menarik minat banyak orang berdasar segi biaya pembuatan lebih hemat. Pasalnya, sebagian material yang digunakan dari bahan daur ulang. Bahkan beberapa tidak memakai finishing agar tampak warna asli bangunan tanpa mengurangi nilai estetikanya.

  1. Rumah Minimalis Beratap Pelana

Sudah jelas seperti namanya, rumah ini hadir dengan konsep minimalis yang dipadukan dengan atas model pelan. Meskipun bukan tren baru, namun desain bangunan seperti itu masih menjadi favorit dan banyak diminati tahun 2021.

Umumnya rumah beratap pelana mengkombinasi model kerucut dan landai. Untuk menambah nilai estetikanya, biasanya dipadukan dengan jendela-jendela berukuran besar.  Konsep bangunan seperti itu banyak disukai karena sirkulasi udara lancar sehingga suasana di dalamnya terasa sejuk.

  1. Rumah Minimalis dengan Jendela Kaca Lebar

Konsep bangunan yang banyak diminati tahun 2021 adalah rumah model minimalis dikombinasikan dengan jendela kaca berukuran besar dan lebar. Desain ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan efek atau kesan luas.

Tren rumah seperti ini banyak disukai karena sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Dengan begitu suasana di dalam bangunan menjadi lebih sejuk. Bukan hanya itu, konsep bangunan tersebut juga hemat energi, pasalnya keberadaan jendela berukuran besar cahaya akan mudah masuk.

  1. Rumah Pintar (Smart Home)

Smart home merupakan salah satu inovasi dari perkembangan teknologi yang diperkirakan menjadi trend bangunan rumah 2021. Jika dilihat sekilas tidak ada perbedaan mencolok mulai dari desain, model maupun bentuk.

Pasalnya, smart home masih menggunakan konsep modern dan material sama dengan bangunan lainnya. Namun, bedanya terletak pada teknologi  rumah tersebut. Inilah yang menjadi daya pikat. Sebab, semua aktivitas seperti menyalakan dan mematikan lampu dapat dilakukan dengan remote.

  1. Rumah dengan Atap Terbuka (Rooftop)

Berikutya rumah dengan model atap terbuka menjadi salah satu trend yang banyak digemari tahun 2021. Jika lahan tidak cukup luas, desain bangunan rooftop ini bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, bagian atas bisa dijadikan ruang multifungsi, seperti tempat menjemur pakaian, taman atau lainnya.

Rumah dengan konsep atap terbuka ini terkesan tampak modern. Bukan hanya itu, rooftop juga mempunyai kemampuan untuk menangkal atau memantulkan panas hingga 70 persen, sehingga suasana di dalam bangunan tersebut menjadi lebih dingin meskipun cuaca terik.

  1. Rumah Minimalis Bergaya Rustic

Beberapa tahun terakhir tema rustic kembali populer serta digandrungi banyak orang. Bahkan konsep tersebut kini juga digunakan untuk mendesain rumah. Diprediksi model itu akan terus menjadi tren sepanjang 2021.

Karakteristik rustic memang lekat dengan kesan natural dengan warna-warna bumi, karena didominasi warna coklat mengadopsi dari elemen kayu. Menariknya, rumah minimalis dipadukan dengan konsep tersebut dapat memberikan suasana tampak hangat.

Itulah beberapa trend bangunan rumah 2021 yang diprediksi akan menjadi kiblat para dekorator. Semoga ulasan singkat ini bisa dijadikan sumber referensi bagi Anda ketika mencari inspirasi desain eksterior maupun interior. Jika masih binggung, silahkan masuk ke laman gedongbali.com.