7 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Bersifat Duniawi Bagi Manusia

  • VivaNews
  • Mar 24, 2021
Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat melakukan puasa Senin Kamis ternyata tidak hanya untuk mendapatkan bekal pahala yang luar biasa untuk di akhirat saja, namun ada banyak sekali manfaatnya yang bersifat duniawi bagi manusia. Setiap muslim mungkin sudah paham akan keutamaan menjalankan puasa Senin Kamis. Salah satunya adalah hari Senin yang merupakan hari kelahiran Rasulullah SAW dan menerima wahyu wahyu dari Allah SWT.

Perintah untuk melakukan puasa sunnah Senin Kamis tertuang dalam Hadist Riwayat Tirmidzi yang berbunyi, “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa”.

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa manfaat melakukan puasa Senin Kamis tidak hanya untuk mendapatkan pahala sebagai bekal diakhirat saja, namun ada banyak manfaat lain yang bersifat duniawi. Namun, yang akan dibahas disini hanya tentang manfaat puasa Senin Kamis yang bersifat duniawi saja.

Berikut dibawah ini beberapa manfaat puasa Senin Kamis yang bersifat duniawi bagi manusia, diantaranya yaitu :

  1. Pelajaran Diri Untuk Berdisplin

Tujuan berpuasa adalah untuk melatih seseorang supaya selalu disiplin dalam segala hal. Ketika seseorang berpuasa, maka dia akan merasa bahwa Allah SWT selalu menguasai setiap tindakan yang dilakukannya, sehingga selalu mawas diri dan menghindari segala hal yang dapat membatalkan puasanya.

  1. Pengaruh Kesehatan Pada Tubuh

Selama ini, sudah banyak ahli yang menyatakan bahwa berpuasa itu sangat baik untuk kesehatan seseorang. Karena dengan berpuasa, maka tubuh akan terbesihkan dari segala jenis racun yang mengendap didalam tubuh.

Intinya, berpuasa bisa dijadikan sebagai salah satu metode penyembuhan dari berbagai penyakit. Ketika berpuasa, sistem pencernaan bisa beristirahat sehingga sistem tubuh yang lainnya bisa bekerja dengan lebih baik. Inilah hikmah positif bagi tubuh dari melakukan puasa Senin Kamis.

  1. Menjadi Perlindungan Batin Seseorang

Pada dasarnya, menjalankan ibadah puasa, baik puasa fardhu ataupun sunnah bisa memberikan pengaruh besar kepada kondisi kejiwaan seseorang. Puasa bisa membantu melatih kesabaran, melatih menguasai diri, juga melatih diri dalam meredam hawa nafsu. Baik di dunia atau dengan tujuan untuk mendapatkan keutamaan di akhirat.

  1. Melembutkan Hati Dan Meningkatkan Rasa Syukur

Dengan berpuasa, maka akan semakin meningkatnya rasa empati terhadap orang lain, terutama bagi mereka yang berada dalam kondisi keberuntungan yang masih jauh dibawah kita. Dan dengan berpuasa juga kita akan lebih tahu bagaimana cara mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT.

  1. Memberikan Kesempatan Organ Tubuh Untuk Beristirahat

Dengan berpuasa, itu berarti organ pencernaan akan beristirahat dalam jangka waktu tertentu. Dengan istirahat yang cukup tentunya membuat tubuh akan terus berada dalam kondisi fit dan sehat, istirahat juga adalah fitrah manusia.

Puasa juga bisa membantu mengontrol hawa nafsu seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits, ketika Rasulullah SAW memberikan saran kepada pemuda yang hendak menikah namun belum memiliki kecukupan, maka mereka dianjurkan berpuasa.

  1. Melatih Emosi

Puasa juga ibadah yang akan membiasakan seseorang untuk bersabar. Mulai dari bersabar menahan lapar dan haus, hingga bersabar dari godaan lain yang membatalkan puasa. Oleh karena itu, dengan melakukan puasa Senin Kamis dapat membentuk seseorang menjadi pribadi yang stabil secara emosional.

Melakukan puasa Senin Kamis secara rutin sudah tentu dapat menjadikan perasaan lebih tenang dan jauh lebih enak, karena ketika berpuasa seseorang diharuskan untuk bisa menjaga pikirannya.

Related Post :