Apa Itu Pemasaran Konten? Panduan untuk Konten yang Menarik, Terlibat, dan Bertobat

  • 2 min read
  • Dec 13, 2020
Pemasaran Konten

Apakah Anda pernah mendengar istilah pemasaran konten? Pemasaran konten merupakan salah satu strategi pemasaran yang mencangkup perencanaan, pembuatan hingga pendistribusian konten. Tujuannya adalah, konten mampu menarik target pasar yang kemudian akan menjadi konsumen. 

Pemasaran konten (content marketing) memiliki banyak bentuk seperti gambar, video, audio hingga artikel. Setiap konten memiliki sifat dan tujuan yang berbeda mulai dari mendidik, menghibur hingga menciptakan keterkaitan antara konsumen dan penjual. 

Tips Membuat Konten yang Menarik Demi Keuntungan Bisnis 

Dalam membuat konten haruslah dibuat semenarik dan sekreatif mungkin untuk mampu membuat Anda mencapai tujuan yang diinginkan. Pemasaran konten lebih efektif dibandingkan pemasaran tradisional lainnya, terutama dalam era digital saat ini. 

Oleh karena itu, banyak pihak yang lebih memilih memasarkan produk mereka dengan menggunakan pemasaran marketing. Untuk mengoptimalkan konten yang dibuat, berikut adalah panduan yang bisa Anda ikuti. 

  • Buat Konten yang Orisinil dan Berkarakter 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam membuat konten adalah orisinalitas dari konten tersebut. Buatlah konten yang berbeda dengan para pesaing sehingga bisnis Anda menjadi unik dan fresh. Selain itu, melakukan penjiplakan konten juga bisa membuat situs Anda terkena sanksi dari Google. 

Selain itu Anda juga harus membuat konten yang berkarakter dan menonjolkan ciri khas bisnis Anda. Sehingga branding bisnis semakin baik dan semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda. 

  • Buat Headline yang Menarik 

Pemilihan headline dalam membuat konten adalah hal yang sangat penting, headline mampu menarik minat para pembaca. Ciptakan headline yang menarik dan kuat untuk mengundang para pengunjung website untuk dapat membaca artikel secara keseluruhan. 

Pembuatan headline sama pentingnya dengan pembuatan konten secara keseluruhan. Oleh karena itu pilihlah kata kata terbaik yang mampu membuat headline menjadi lebih hidup. 

  • Memberikan Jawaban Atas Pertanyaan Pengunjung

Biasanya orang akan menggunakan mesin pencari untuk mencari tahu sebuah informasi. Buatlah konten yang mencari jawaban dari pertanyaan yang dicari oleh banyak orang. Konten yang mampu memberikan jawaban lengkap untuk suatu pertanyaan ternyata mampu meningkatkan peringkat website di Google. 

Banyak jasa atau freelancer writer yang mampu membuat konten yang berkualitas dan menjawab pertanyaan dari banyak orang. Konten yang dibuat akan memenuhi kebutuhan dan menjawab pertanyaan dari para pengguna. 

  • Tentukan Target Pasar yang Tepat 

Untuk membuat konten Anda harus mengetahui terlebih dulu siapa saja target pasar yang ingin dicapai. Setiap target pasar memiliki karakteristik yang berbeda beda, oleh karena itu pendekatan yang diperlukan juga berbeda beda. 

Misalkan bisnis Anda ialah makeup dan perawatan tubuh, maka konten yang harus dibuat harus seputar kecantikan. Melalui konten yang tepat sesuai dengan target pembaca, maka minat pembaca tentu akan meningkat. 

  • Update Konten Secara Berkala 

Untuk tetap dapat membangun hubungan dengan konsumen, Anda bisa rutin mengupdate konten setiap bulan. Anda bisa membuat kalender editorial untuk membuat jadwal publish konten setiap bulan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. 

Selain membuat artikel, konten juga bisa memuat gambar maupun infografik yang semakin memperkaya tulisan. Semakin banyak informasi yang mampu diberikan kepada pengunjung website, tentu hal ini akan menjadi lebih baik. 

Tidak memiliki waktu untuk membuat konten yang berkualitas dalam waktu yang cepat? Anda bisa menggunakan jasa  saungwriter.com yang bisa membuat berbagai konten menarik untuk meningkatkan keuntungan bisnis.