Bingung cari pinjaman cepat sebesar Rp10 juta tanpa syarat jaminan atau agunan? Kini, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Namun, sebelum meminjam ada baiknya untuk pahami terlebih dahulu cara kerja dan risikonya agar pengajuan dan peruntukannya bisa dimanfaatkan dengan benar.

Pinjaman tanpa jaminan bukan lagi sesuatu hal yang sulit untuk didapatkan di mana saat ini sudah cukup banyak fintech yang memberikan tawaran pinjaman tanpa jaminan.

Umumnya, penawaran pinjaman cepat seperti ini hanya digunakan untuk dana darurat seperti biaya berobat ke rumah sakit, biaya perbaikan rumah saat atap bocor, hingga biaya tambahan untuk pernikahan.

Dengan mengajukan pinjaman sebesar Rp10 juta dalam waktu cepat, salah satu jalan yang kini bisa dilakukan adalah melalui produk lembaga keuangan seperti kredit tanpa agunan atau produk pinjaman lewat fintech.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara mendapatkan pinjaman Rp10 juta dengan mudah tanpa harus repot menjual aset atau menggadaikan barang berharga.

  1. Cari lembaga yang tepercaya dan terdaftar di OJK

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencari penyedia pinjaman tepercaya terutama yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Selama ini OJK sedang getol melakukan patroli untuk menghindari kerugian bagi konsumen dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Selain itu, OJK juga dengan rutin merilis daftar lembaga keuangan tidak resmi atau fintech ilegal sehingga bisa jadi panduan bagi masyarakat agar tidak terjebak apalagi sampai mengajukan pinjaman di lembaga atau fintech yang belum memiliki reputasi sama sekali.

  1. Pahami persyaratan dan cara pendaftaran

Setiap penyedia pinjaman pasti memiliki persyaratan dan cara pendaftaran atau pengajuan pinjaman. Agar lebih mudah dan praktis, pilihlah yang sudah berbasis teknologi sehingga pengajuan pinjaman bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi dan sambungan internet saja. Dengan begitu proses pengajuan pun jadi semakin efisien tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi atau menunggu berhari-hari.

  1. Pilih fintech yang berikan bunga rendah

Ada banyak perusahaan teknologi yang menawarkan pinjaman uang online lewat aplikasi. Bahkan iklannya pun sudah cukup gencar lewat iklan di sosial media. Pastikan memilih bunga pinjaman yang rendah.

Kamu bisa membandingkan bunga pinjaman satu sama lain dari fintech yang berbeda. Bisa juga membandingkan bunga pinjamannya dengan lembaga keuangan tradisional seperti bank atau lembaga penyedia kredit lainnya.

  1. Ketahui tenor dan biaya administrasinya

Salah satu mandat OJK bagi lembaga keuangan adalah persoalan transparansi. Beberapa fintech ilegal umumnya menyembunyikan biaya tertentu sehingga konsumen merasa terjebak saat dilakukan penagihan.

Untuk itu, konsumen juga dituntut lebih selektif dan cerdas dengan mencari informasi tenor dan biaya-biaya administrasi yang dibebankan selain bunga.

  1. Hitung simulasi pinjaman agar sesuai dengan kemampuan

Simulasi pinjaman seperti ini biasanya disediakan oleh fintech dalam bentuk kalkulator pinjaman. Dari simulasi tersebut kamu bisa mengetahui berapa pokok pinjaman, uang yang diterima, bunga, administrasi dan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan secara transparan.

Dengan begitu, kamu bisa menakar kemampuan finansial yang dimiliki sebelum mengajukan pinjaman. Setidaknya tenor cicilan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, salah satu penyedia pinjaman yang cepat dan mudah adalah Kredivo. Kredivo memberikan limit pinjaman hingga Rp30 juta. Namun, itu pun tetap harus melewati proses seleksi yang ketat.

Tapi, jangan khawatir jika kredit skor kamu sudah baik. Kredit skor bisa diketahui lewat pembayaran cicilan utang secara rutin dan kemampuan finansial serta variabel lainnya yang sudah ditentukan oleh masing-masing lembaga.

Kredivo punya fitur pinjaman tanpa jaminan. Selain itu, Kredivo juga sudah terdaftar secara resmi di OJK denganĀ  nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018 atas nama PT FinAccel Digital Indonesia.

Syarat Pinjaman Kredivo

Untuk bisa mengajukan pinjaman berbasis aplikasi ini, pastikan terdaftar dulu sebagai member Kredivo. Daftar lewat aplikasi dan penuhi persyaratan berikut sebelum mendaftar.

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi dan Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, barulah unduh aplikasi Kredivo lewat App Store maupun Google Play Store untuk melakukan pendaftaran dengan langkah yang mudah.

Bunga Pinjaman Kredivo

Kredivo memberikan bunga pinjaman 2,95% per bulan. Bunga tersebut cukup terjangkau. Jika digunakan untuk belanja online atau pembayaran berbagai tagihan, Kredivo tidak menyertakan biaya administrasi.

Biaya administrasi sebesar 6% hanya untuk produk pinjaman tunai saja. Biaya administrasi ini hanya dikenakan satu kali dari jumlah keseluruhan pinjaman dan akan dipotong di muka.

Simulasi Pinjaman Kredivo

Misalnya kamu hendak mengajukan pinjaman sebesar Rp 1 juta dengan fitur pinjaman jumbo dengan cicilan selama 3 bulan.

Dengan bunga dan biaya admin yang sudah disebutkan, kamu hanya perlu membayar angsurannya tiap bulan sebesar Rp 356.750, cukup terjangkau bukan?

Soal transaksi lewat Kredivo dijamin aman karena sudah dilengkapi juga dengan sistem one time password langsung lewat handphone pengguna.

Nah, jika tertarik dengan kemudahan tersebut, unduh aplikasinya sekarang, dan lakukan pendaftaran dengan mudah. Dapatkan persetujuannya dalam 1x 24 jam.