Cara Ampuh Mengusir Tikus Membandel di Rumah, Tanpa Racun!

  • VivaNews
  • Aug 18, 2022
cara ampuh mengusir tikus

Kehadiran tikus di dalam rumah memang sangat mengganggu para penghuni rumah. Selain mengingat tikus adalah hewan yang kotor dan jorok, hewan berbadan fleksibel satu ini bisa merusak barang-barang yang ada di rumah. Bagaimana cara ampuh mengusir tikus simak artikel sampai habis.

Hewan mamalia ini memiliki gigi seri besar yang tidak berakar dan tumbuh secara terus menerus. Mereka harus mengasah giginya dengan menggerogoti barang-barang seperti pintu, jendela bahkan kabel yang berpotensi menyebabkan korsleting.

Sehingga tidak heran jika pemilik rumah melakukan segala cara mengusir tikus yang berpotensi membawa penyakit, mencemari air dan memberikan bau tak sedap.

Cara Ampuh Usir Tikus dari Rumah

Kehadiran tikus memang banyak membawa dampak negatif bagi para penghuni rumah. Apalagi jika tikus-tikus tersebut sangat sulit untuk diusir. Tapi tidak perlu khawatir, karena kali ini, kita akan membahas cara mengusir hama tikus yang bandel di rumah secara alami.

1. Tutup Lubang dan Celah

Pertama-tama mari kita membahas tentang pencegahan untuk meminimalisir masuknya tikus ke dalam rumah. Alangkah lebih baik Anda memeriksa rumah untuk mengetahui celah tikus bisa masuk ke dalam.

Periksa bagian saluran air, celah-celah ventilasi, hingga daerah luar rumah yang menjadi potensi dilewati oleh tikus. Celah-celah tersebut bisa ditutup atau dipasang jebakan seperti dengan wol kawat, pelat logam, semen atau plester.

Cek secara berkala untuk memastikan tempat-tempat tersebut tetap terawat dengan baik oleh pemilik rumah.

2. Bersihkan Seluruh Isi Rumah

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa hewan bertubuh kecil ini sangat suka area sempit dan gelap untuk bersembunyi. Maka, Anda perlu meminimalisir atau membasmi tempat-tempat yang memiliki potensi untuk menjadi tempat persembunyian tikus.

Bersihkan seluruh ruangan yang ada di dalam rumah khususnya pada ruangan-ruangan penuh barang. Buanglah sampah pada tempat yang tertutup dan pastikan pipa saluran pembuangan terawat dengan baik.

3. Menggunakan Bawang Bombay

Cara mengusir tikus secara alami bisa Anda lakukan dengan menggunakan bawang bombay. Tikus tidak bisa mencium bau-bau menyengat seperti bawang bombay ini.

Caranya tinggal kupas dan iris bawang bombay lalu letakkan di tempat yang menjadi sarang tikus. Anda bisa menggantinya setelah bawang sudah busuk.

4. Usir Tikus Dengan Irisan Bawang Merah

Sama halnya dengan bawang bombay, tikus sangat tidak bisa mencium bau-bau menyengat seperti bawang merah. Menurutnya, bau-bau yang dihasilkan dari bawang dianggap sangat menjijikan.

Caranya pun sama, tinggal iris-iris bawang merah lalu letakkan di sekitar tempat yang digemari dan dijadikan tempat untuk bersembunyi oleh tikus.

5. Pakai Lada Hitam

Kandungan piperin yang terdapat pada lada hitam merupakan kandungan kimia yang beracun untuk tikus. Lada hitam akan membuat tikus merasa tidak nyaman dan menyebabkan iritasi pada saluran hidung.

Mengusir tikus dengan lada hitam bisa dilakukan dengan cara menggiling kasar lada dan menebarkannya di area-area yang menjadi persinggahan tikus. Jika Anda tidak memiliki lada hitam, Anda bisa menggunakan lada putih biasa.

6. Memanfaatkan Adonan Soda Kue

Soda kue bisa menyebabkan efek berbahaya pada tikus. Ketika mereka mengonsumsi soda kue, maka akan muncul reaksi gas pada lambung. Karena tikus tidak bisa buang angin, gas tersebut akan menyebabkan tekanan internal dan akhirnya membunuh tikus.

7. Menyebarkan Aroma Mint

Menyebarkan aroma mint dari tanaman mint adalah cara mengusir tikus dan curut di rumah. Tikus tidak tahan dengan aroma mint yang menyengat, sehingga saat menciumnya tikus-tikus bisa mabuk dan terkulai lemas.

Ini bisa sekaligus mengiritasi hidung tikus dan curut. Cara mengusir tikus dengan mint, siapkan seikat daun mint dan ambil sarinya saat dilarutkan dalam air. Jika sudah mulai larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering ada tikus dan curut.

8. Menaburkan Bubuk Kulit Telur

Menaburkan bubuk kulit telur adalah cara mengusir tikus dan curut di rumah yang mudah dilakukan. Caranya manfaatkan kulit telur sebelum dibuang dan haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Kemudian, taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilewati tikus dan curut.

Related Post :