Cara Pengobatan Dan Penyembuhan Bagi Penderita Inkontinensia Urine

  • VivaNews
  • Jan 12, 2022
Inkontinensia Urine

Buang air kecil memang menjadi salah satu kebutuhan yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Tetapi bagaimana jika kita kesulitan untuk bisa mengontrol keinginan untuk buang kecil tersebut? Kondisi sulitnya mengontrol keinginan untuk buang kecil tersebut dalam dunia medis dikenal sebagai Inkotinensia Urine. Orang dengan kondisi seperti itu biasanya akan kesulitan mengontrol urine yang keluar dari kandung kemihnya.

Itulah yang membuat orang yang mengidap Inkotinensia urine seringkali mengompol karena mereka kesulitan untuk menahan keinginan untuk buang air tersebut. Tidak heran kondisi satu ini seringkali membuat para pengidapnya berkecil hati karena merasa malu akibat ia kesulitan mengontrol keinginan tersebut.

Lantas apa sajakah hal yang bisa dilakukan untuk menghindari kambuhnya kondisi Inkontinensia Urine ini ? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi Inkontinensia Urine ini, penanganan dan pengobatan tersebut dikembalikan kepada kondisi dari orang yang mengidapnya.

Namun berikut ini terdapat penjelasan mengenai jenis – jenis pengobatan yang bisa dilakukan baik lewat perubahan pola hidup sehat maupun lewat penggunaan obat medis. Berikut cara penyembuhan Inkontinensia urine lewat perubahan gaya hidup :

  • Menjaga Berat Badan

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek yang ditimbulkan dari kondisi Inkontinensia urine adalah dengan mengontrol berat badan agar tetap ideal. Menurut riset dari beberapa dokter pun mengatakan bahwa orang dengan tubuh ideal maka memiliki resiko terkena Inkontinensia Urine dua kali lebih rendah dibanding orang dengan berat berlebihan.

  • Membatasi Makanan dan Minuman yang bersifat Diuretik

Hindari juga makanan, minuman, atau apapun yang mengandung diuretic atau alcohol dan juga kafein. Jika tubuh kita terlalu banyak diberikan segaal sesuatu yang mengandung diuretic maka kadar air dan garam dalam urine akan meningkat. Jika hal tersebut terjadi maka kandung kemih akan cepat penuh dan resiko Inkontinensia urine sulit terhindarkan.

  • Melakukan Senam Kegel

Biasanya salah satu penyebab terjadinya Inkotinensia urine diakibatkan karena otot tulang panggul yang lemah. Oleh karena itu senal kegel ini sangat disarankan bagi pengidap Inkotinensia urine karena senam ini dapat memperkuat bagian otot panggul tempat untuk menopang bagian kandung kemih. Dengan begitu tingkat keparahan dari kondisi Inkontinensi Urine pun akan sedikit teratasi.

  • Melakukan Yoga

Ternyata dengan rutin melakukan gerakan – geraka yoga maka otot – otot di area kandung kemih pun akan ikut menguat. Dengan begitu maka mandung kemih akan bias menampung urine lebih optimal dan kondisi Inkontinensi Urine pun akan lebih bisa dikontrol. Anda juga bisa mengkolaborasikan antara gerakan senan kegel dan yoga untuk bisa melatih otot di area panggul.

  • Membuat catatan seberapa sering buang air kecil

Bagi anda yang mengalami kondisi Inkontinensi Urine maka sebaiknya anda membawa catatan kecil tentang terakhir kali anda buang air dan juga jarak setiap kali anda buang air. Dari catatan tersebut nantinya anda akan mengetahui tentang jadwal kapan anda harus buang air kecil sehingga hal tersebut akan mengurangi resiko anda buang air di waktu – waktu yang tidak diinginkan.

Selain bisa melakukan alternatif penyembuhan dengan cara – cara alami seperti diatas, tentunya ada juga terapi lanjutan dengan menggunakan obat – obatan dari dokter. Hanya saja sebaiknya penggunaan obat ini diberikan jika memang anda sudah tidak bisa mengontrol kondisi Inkontinensi Urine dengan cara alami.

Related Post :