Definisi Investasi dan Beberapa Jenisnya

  • VivaNews
  • Feb 09, 2022
Bisnis

Investasi merupakan aktivitas yang menempatkan sebuah dana atau aset yang berharga kepada instrumen tertentu dalam jangka waktu yang tertentu pula. Sehingga penempatan dananya diharapkan dapat menghasilkan return. Ketika seseorang membeli sesuatu barang sebagai investasi, tujuannya untuk menggunakannya di masa depan. Suatu investasi adalah selalu menyangkut pengeluaran sejumlah modal pada hari ini, untuk dapat keuntungan di masa yang akan mendatang.

Jenis-jenis investasi berdasarkan waktunya

Investasi jangka Lama

Investasi jangka panjang yaitu investasi yang membutuhkan waktu cukup lama sekitar 3 tahunan, untuk mendapatkan keuntungannya. Biasanya para investor baru akan dapat menikmati hasilnya minimal dalam waktu 5tahun sampai 10 tahun yang akan mendatang. Beberapa contoh investasi jangka panjang yaitu pembelian tanah, reksadana, investasi saham, dan investasi emas.

Investasi jangka Pendek

Investasi jangka pendek yaitu jenis investasi yang dilakukan pada periode waktu pendek. Keuntungan dari investasi jangka pendek yaitu diharapkan agar bisa dapat terwujud dalam jangka waktu 1 sampai 3 tahun. Pendapatan dari investasi jangka pendek tentunya juga lebih kecil. Contoh dari investasi jangka pendek yaitu pasar saham, obligasi jangka pendek, dan sertifikat deposito.

Beberapa Jenis-jenis Investasi

Saham

Saham merupakan tanda penyertaan modal seseorang, dengan menyertakan modal, maka pihak tersebut akan memiliki klaim atas pendapatan perusahaan yang ditanami saham. Dan selain itu, investor pemula juga dapat bisa langsung belajar bagaimana caranya mengelola sebuah saham dari tenaga profesional untuk menyusun sebuah strategi yang meningkatkan keuntungan dan menghindari kerugian buat anda.

Reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi yang cocok buat investor pemula. Secara sederhana reksadana merupakan wadah yang untuk dipergunakan sebagai menghimpun dana dari masyarakat pemodal tersebut untuk selanjutnya.

Deposito

Deposito yaitu simpanan pencairannya yang hanya dapat dilakukan pada jangka waktu yang tertentu.

Emas

Emas merupakan jenis investasi yang riil dan berbentuk fisik yang cukup digemari. Emas juga jadi salah satu pilihan yang menarik karena memiliki risiko yang lumaan cukup rendah. Dan emas pula selalu naik dalam tahunnya. Bahwa investasi emas bisa dilakukan dalam bentuk batangan, hal ini mungkin karena kemurnian emasnya menjadi poin yang penting untuk menentukan sebuah nilainya. Anda juga dapat membeli jenis emas batangan murninya di toko dan melalui aplikasi terpercaya.

Properti

Investasi properti yaitu salah satu jenis investasi yang berbentuk fisik. Berbentuk benda fisik nyata. Investasi properti ini sangat menguntungkan dikarenakan harganya yang terus meningkat setiap tahunnya.

Obligasi

Obligasi biasanya diterbitkan oleh Negara. Obligasi dapat dikelompokkan dengan yang bersifat utang di samping sukuk.

Beberapa Manfaat Investasi dan Tujuannya

Kebebasan finansial

Kebebasan finansial merupakan dimana seseorang yang sudah dianggap bisa mendapatkan passive income serta dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Melindungi Aset

Melindungi aset dari inflasi yang terjadi terus-menerus pada setiap tahunnya, yang dapat langsung bisa membuat sebuah nilai aset berkurang. Maka aset juga bisa berkembang menghasilkan nilai tambah.

Meningkatkan Kekayaan

Tujuan dari investasi yaitu untuk meningkatkan jumlah aset dan kekayaan yang dimiliki. Bagi seseorang yang sudah bekerja, jadi hasil return investasinya akan menjadi tambahan dalam penghasilannya.

Tujuan investasi bukan hanya untuk menjadikan seorang investor cepat kaya saja, harus bisa komitmen yang kuat dan juga tetap tenang ketika pasar sedang berfluktuasi. Ada banyak juga investasi jangka pendek yang sangat cukup menguntungkan sama dengannya dengan investasi jangka panjang.

Demikian sickforprofit sedikit ulasan tentang investasi, yang dapat anda pelajari untuk tujuan ekonomi mendatang.

Related Post :