Doa yang Bisa Kita Panjatkan untuk Ibu yang Sudah Meninggal

  • VivaNews
  • Jan 28, 2022
doa untuk ibu yang sudah meninggal

Ditinggalkan oleh orang terkasih untuk selama – lamanya memang bukan perkara yang mudah, terlebih jika yang meninggalkan kita adalah seorang ibu. Kehilangan sosok ibu seperti kehilangan pijakan dalam kehidupan karena bagaimanapun hidup kita bergantung kepada ibu seja kita dilahirkan. Itulah yang membuat kehilangan sosok ibu didalam kehidupan menjadi sebuah kehilangan terbesar bagi siapapun.

Tidak dapat dibayangkan bagaimana kita bisa melalui hidup kedepannya tanpa kehadiran sosok ibu lagi. Terlebih bagi anak yang masih berada di usia pertumbuhan tetapi mereka sudah harus kehilangan sosok ibu mereka. Tentunya akan semakin sulit rasanya karena kita kehilangan sosok yang seharusnya menjaga dan merawat kita sampai kita bisa mandiri nantinya.

Namun meskipun rasa sedih dan kehilangan yang dirasakan saat kehilangan sosok ibu teramat dalam. Tetapi hidup ini tetap harus berjalan dan tentunya kita tidak boleh terlalu larut dalam kesedihan. Selain harus menata hidup untuk kedepannya kitapun sebagai anak masih memiliki kewajiban untuk tetap berbeakti kepada ibu kita yang telah meninggal.

Lantas bagaimanakah cara membuktikan bakti kita kepada ibu yang telah meninggal tersebut ? Salah satu cara untuk membuktikannya yaitu dengan mengirim doa untuk ibu yang sudah meninggal. Itu karena menurut Alquran dan hadits hanya doa dari anak yang sholeh/sholehah lah yang bisa membantu orang tuanya kelak.

Untuk itu penting bagi anda yang ibunya telah tiada untuk mengetahui bacaan doa yang bisa lantunkan untuk ibu yang sudah meninggal. Bagaimanakah doa tersebut, berikut terdapat kumpulan bacaan doa yang bisa dibacakan.

  1. Bacaan doa pertama yang bisa kita panjatkan untuk ibu yang sudah meninggal

“Rabbighfirli wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.”

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

  • Selanjutnya dilanjutkan dengan membaca doa berikut :

“Rabbana atina fid dunia hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adzaban nar. Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘an ma yashifuna, wa salamun ‘alal mursalina, wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin, wa ‘ala alihi, wa shahbihi, wa sallama, wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.”

Artinya: “Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan selawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

  • Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al – Fatihah
  • Terakhir anda bisa membacakan doa ini untuk ibu yang sudah meninggal agar diberikan ampunan oleh Allah SWT :

“Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukmina wal mukminat, al-ahya ‘i minhum wal amwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushushan ila aba’ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu’allimina, wa li man ahsana ilaina, wa li ashhabil huquqi ‘alayna.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat, dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, neneh, ustaz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

Related Post :