Firdaus Memorial Park Bisa Menguburkan Jenazah covid 19

  • 2 min read
  • Mar 29, 2021
pemakaman covid di firdaus memorial park bandung

Taman wakaf pemakaman muslim yaitu firdaus memorial park merupakan taman pemakaman muslim pertama yang ada di Indonesia dengan mengusung konsep wakaf tanpa adanya unsur bisnis maupun komersial. Tanah di lokasi tersebut diperuntukkan untuk wakif atau sebagai orang yang berwakaf, kaum dhuafa dan juga masyarakat muslim pada umumnya.

Selain itu, firdaus memorial park ini berusaha untuk mengedepankan nilai yang asri, ramah lingkungan, nyaman, serta sesuai dengan syariah. Kesesuaian syariah tersebut dibuktikan dengan adanya surat rekomendasi dari mui. Tingginya biaya untuk penyediaan lahan pemakaman, maka firdaus memorial park menjadi solusi untuk orang yang tidak mampu dan begitu juga untuk jenazah covid 19 sehingga firdaus memorial park dapat digunakan untuk pemakamannya.

Lokasi dari pemakaman firdaus memorial park ini berada di wilayah kabupaten bandung barat, juga sudah disiapkan lahan untuk pemakaman khusus jenazah covid 19, hal ini yang berpontensi tidak bisa mendapatkan lahan di pemakaman pada tempat pemakaman umum. Untuk lahan pemakaman yang digunakan yakni wakaf yang diperoleh dari sinergi foundation dan letak dari pemakaman ada di desa mandalamukti, kecamatan cikalongwetan, kabupaten bandung barat, dikawasan taman wakaf pemakaman muslim yaitu firdaus memorial park.

Menurut ceo sinergi foundation yakni asep irawan hal tersebut berawal dari keprihatinannya dikarenakan banyaknya penolakan pemakaman jenazah covid 19, maka dari itu akhirnya mewakafkan lahan khusus untuk pemakaman jenazah dari covid 19 teruntuk yang muslim. Sehingga hal ini dapat menjadi bagian dari sebuah solusi atas dampak dari wabah virus corona yang membuat semua warga panik. Pemakaman di firdaus memorial park yang berada di kabupaten bandung ini sudah ada sejak tahun 2013.

Firdaus Memorial Park Bisa Menguburkan Jenazah covid 19

Terdapat beberapa hal terkait penjelasan pemakaman di firdaus memorial park, yang diinformasikan dari ceo sinergi foundation. Sehingga hal ini dapat memberikan kemudahan untuk korban jenazah covid 19 yang mendapat penolakan untuk dimakamkan di tempat pemakaman umum, maka firdaus memorial park bisa menguburkan jenazah covid 19, yaitu:

  1. 10 kavling di firdaus memorial park memiliki daya tampung sebanyak 60 jenazah, untuk setiap kavlingnya terdapat 2 liang lahat atau lubang. Dan untuk setiap liang lahat atau lubang dapat diisi sampai 3 jenazah. Hal tersebut dikatakan oleh ceo sinergi foundation yaitu asep irawan.
  2. Lokasi kuburan itu sendiri berjarak 500 meter dari pemukiman warga sedangkan berjarak 50 meter dari sumber air yang digunakan untuk air minum. Untuk proses penguburan jenazah covid 19 akan mengikuti arahan dari bimas islam kementrian agama untuk protokol pemakaman.
  3. Jenazah juga dikubur dengan kedalaman 2.5 meter serta ditutupi dengan tanah setinggi 1 meter. Setelah semua proses prosedur jenazah dilaksanakan dengan baik, maka pihak keluarga baru dapat turut dalam prosesi pemakaman jenazah.
  4. Selama proses pemakaman tim dari firdaus memorial park akan dilengkapi menggunakan apd atau alat pelindung diri, sebagaimana protokol untuk pemulasaran jenazah corona virus 19 dengan mengikuti semua protokol yang telah ditentukan oleh pemerintah. Selain itu terdapat lokasi sterilisasi pada pintu masuk di area pemakaman.

Dari beberapa penjelasan tentang informasi pemakaman jenazah covid 19, maka firdaus memorial park bisa menguburkan jenazah covid 19 dengan memberikan kemudahan. Selain itu juga bisa dimakamkan di Sandiego hills. Sehingga hal ini dapat membuat tenang untuk keluarga yang ditinggalkan oleh korban covid 19, jika mendapat penolakan pemakaman.