Resah Menghadapi Persalinan? SehatQ Bantu Persalinan Lebih Lancar

  • 3 min read
  • Jul 06, 2021
Induksi Persalinan

Melahirkan adalah kodrat wanita demi melahirkan buah hati ke dunia. Menjelang persalinan, ibu hamil kerap khawatir apakah persalinan akan lancar atau tidak. Apalagi jika kandungan lebih dari 42 minggu, bayi diharuskan keluar dari rahim. Dokter akan memberikan induksi persalinan agar terjadi kontraksi rahim.

Dokter akan memberikan induksi jika kehamilan melewati perkiraan persalinan, tidak kontraksi walaupun air ketuban sudah pecah. Syarat induksi persalinan harus kompleks tanpa membahayakan janin dan ibu hamil, untuk itulah ibu hamil harus menjalani kehamilan dengan baik agar persalinan lancar.

Induksi Persalinan Alami

Kehamilan menjadi alasan wanita malas melakukan aktivitas, padahal aktivitas mempengaruhi proses persalinan Anda. Anda bisa menerapkan berbagai hal agar persalinan normal tanpa tindakan medis. Lebih baik melakukan induksi alami selama hamil dan tanpa efek samping.

  • Melakukan Senam Hamil

Saat ini, kelas ibu hamil tersebar di berbagai penjuru. Anda bisa mengikuti kelas senam hamil di sekitar tempat tinggal. Anda akan diajarkan gerakan senam hamil agar persalinan lancar dan tanpa jahitan.

Bidan atau dokter akan menunjukkan dan memperagakan gerakan melenturkan daerah uterus dan memperkuat otot-otot dasar panggul. Cara membantu kontraksi agar rahim cepat terbuka lengkap sehingga bayi cepat keluar, simulasi proses persalinan, diskusi seputar makanan dan minuman agar tubuh fit saat melahirkan.

  • Melakukan Yoga

Induksi persalinan medis ditakutkan wanita hamil karena prosedurnya beragam. Solusinya, melakukan Yoga agar pernafasan ibu hamil rileks saat melahirkan. Yoga bisa menenangkan hati dan pikiran Anda, alhasil siap menghadapi proses persalinan.

Bahkan, Yoga bisa membuat Anda melahirkan normal tanpa jahitan. Gerakannya membuat sistem saraf lancar sehingga pembukaan cepat lengkap, pastinya peregangan dinding vagina lebih cepat.

  • Selalu Berfikir Positif

Anda takut karena diharuskan induksi karena kehamilan melebihi perkiraan lahir? Tenang saja. Anda harus berpikir positif agar induksi berhasil, walaupun induksi memiliki beberapa cara tetapi tekad dan semangat ibu hamil melancarkan persalinan dengan induksi.

Setiap wanita memiliki proses kehamilan dan persalinan masing-masing. Ada yang kehamilan dan persalinannya lancar, tetapi ada yang penuh halangan sehingga diharuskan induksi persalinan.

Sebagai wanita, Anda harus mengetahui metode induksi melahirkan sehingga menikmati setiap momen kehamilan. Kehamilan harus dijaga walaupun mood sering berubah, misalnya sering mual, muntah, pusing dan menderita penyakit cukup aneh.

Metode Induksi Persalinan Secara Medis

Sebelum induksi medis dilakukan, dokter melakukan serangkaian tes pada ibu hamil dan bayi agar induksi lancar. Anda akan diminta melakukan uji profil biostik yang dikenal pengujian non stres tes. Berikut ada metode induksi yang kerap dilakukan dokter:

  • Menggunakan obat oksitosin

Metode induksi persalinan dengan obat oksitosin termasuk hal sintesis yang berasal dari hormon oksitosin. Hormon tersebut diproduksi secara alami oleh tubuh, hormon tersebut akan melebarkan leher rahim sehingga merangsang kontraksi rahim.

Dokter akan memberikan dosis rendah melalui cairan infus sehingga janin cepat turun ke jalan lahir.

  • Memakai kateter foley

Selain menggunakan obat induksi, dokter akan menggunakan kateter foley atau alat. Kateter foley akan dimasukkan menggunakan balon khusus menuju ujung leher rahim Anda. balon tersebut akan diisi air agar menekan leher rahim dan melepaskan hormon prostaglandin pada tubuh.

Metode tersebut membuat leher rahim lunak dan terbuka, alhasil bayi cepat keluar dari jalan lahir.

  • Pemecahan kantong ketuban

Walaupun tindakan medis persalinan membuat ibu hamil takut, Anda tidak boleh mengeluh. Apalagi saat proses persalinan, seorang ibu rela mengorbankan nyawa agar janin bisa keluar dari rahim.

Anda bisa memilih metode induksi melahirkan dengan memecahkan kantong ketuban. Cara tersebut dilakukan setelah leher rahim Anda terbuka beberapa sentimeter dan kepala janin sudah berada di panggul.

Anda harus semangat menunggu pembukaan lengkap, barulah dokter memecahkan ketuban menggunakan alat kecil. Setelah kantung ketuban pecah, Anda akan merasakan kontraksi melahirkan.

Jangan jadikan persalinan sebagai hari kesengsaraan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kehamilan, jika sibuk bisa secara online. Anda bisa mengunjungi situs kesehatan SehatQ untuk konsultasi kehamilan Anda dan persiapan melahirkan.

SehatQ menjadi metode kesehatan digital terpercaya karena banyak fiturnya. Anda bisa membuat jadwal dengan dokter, membeli obat secara online. Banyak informasi kesehatan seputar kehamilan, melahirkan dan lainnya sebagai wawasan Anda. Apalagi direktori tindakan medis di SehatQ lengkap dan membuat persiapan melahirkan lancar.