Ingin Mendapatkan Kredit KPR Murah BRI? Simak Cara Ini

  • 2 min read
  • Apr 05, 2020
Kredit KPR Murah BRI

BRI melalui program kredit KPR murah BRI menghadirkan kemudahan bagi mereka yang ingin memiliki hunian pribadi namun terkendala masalah dana. Kini memiliki hunian pribadi bisa lebih mudah dengan adanya program KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) dari BRI. Ada dua tawaran program yang ditawarkan melalui skema KPR yakni KPR biasa atau umum serta KPR bersubsidi.

Kredit KPR BRI bersubsidi adalah program yang khusus diberikan untuk target tertentu agar memudahkan mereka dalam memperoleh pembiayaan kepemilikan rumah murah. Hal ini dikarenakan KPR BRI bersubsidi sudah mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah yang membuat harga rumah menjadi lebih murah. KPR BRI bersubsidi bisa menjadi pilihan pembiayaan hunian murah bagi Anda yang sedang mencari hunian.

Syarat untuk Mendapatkan Kredit KPR Murah BRI

Target orang yang dapat menerima program kredit KPR murah BRI adalah golongan masyarakat dengan pendapatan yang terbatas atau di bawah batas tertentu. Program KPR BRI bersubsidi bisa menjadi solusi terbaik untuk mereka agar tetap dapat memperoleh hunian yang layak di masa depan. Berikut adalah syarat untuk memperoleh program KPR BRI bersubsidi:

  1. Masyarakat yang Tergolong Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)

Program KPR BRI bersubsidi ditujukan utamanya bagi masyarakat yang tergolong ke dalam kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Kelompok MBR adalah mereka yang memiliki penghasilan bulanan atau gaji pokok bulanannya sama dengan atau kurang dari Rp 4 juta. Jika Anda termasuk ke dalam golongan masyarakat dengan gaji sama dengan atau kurang dari Rp 4 juta, maka Anda tinggal menyediakan keterangan slip gaji yang menyatakan besaran gaji tersebut.

  1. Masyarakat yang Belum Pernah Memperoleh Subsidi Rumah

Masyarakat yang bisa mendapatkan program KPR BRI bersubsidi adalah mereka yang tidak pernah mendapatkan program serupa dari pemerintah. Oleh karena itu pihak bank akan melakukan penggalian riwayat mendalam terkait aktivitas pengajuan KPR BRI bersubsidi calon nasabah tersebut. Apabila ditemukan bahwa orang tersebut pernah memperoleh program bersubsidi serupa, maka orang tersebut tidak berhak untuk memperoleh layanan subsidi rumah.

  1. Masyarakat yang Belum Pernah Memiliki Rumah

Agar bisa memperoleh program KPR BRI bersubsidi, Anda harus tercatat belum pernah memiliki rumah sebelumnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa hunian rumah yang diajukan oleh nasabah dalam program KPR BRI bersubsidi adalah hunian yang pertama. Apabila terbukti bahwa nasabah tersebut telah memiliki rumah sebelumnya, maka mereka tidak berhak menikmati program KPR BRI bersubsidi.

  1. Hunian yang Dibeli Ditujukan untuk Rumah Tempat Tinggal Pribadi

Tidak masalah apakah Anda merupakan orang yang belum menikah ataukah sudah menikah, Anda bisa menikmati program KPR BRI bersubsidi selama hunian yang dibeli ditujukan sebagai tempat tinggal pribadi.

Sehingga, rumah yang ditujukan untuk program KPR BRI bersubsidi tidak bisa ditujukan untuk rumah kontrakan, dijual kembali dalam rentang waktu kurang dari 5 tahun serta untuk sewa rumah. Rumah yang ditujukan haruslah digunakan sendiri selama sekurang – kurangnya 5 tahun pertama.

  1. Rumah yang Dibeli Berasal dari Developer Rekanan BRI

Program KPR BRI bersubsidi hanya bisa dinikmati oleh mereka yang ingin membeli hunian yang ditawarkan oleh developer rekanan BRI. Oleh karena itu apabila hunian yang hendak dibeli berasal dari developer yang tidak bekerjasama dengan BRI, maka program KPR BRI bersubsidi tidak bisa diajukan.

Kemenpupera juga menerapkan syarat khusus bagi mereka yang ingin menikmati program KPR BRI bersubsidi murah. Oleh karena itu pastikan berapa harga hunian yang akan dibeli terlebih dulu. Dan datangi kantor BRI terdekat untuk mengajukan kredit KPR tersebut.