Pulsa merupakan saat ini alat satuan dari biaya  telepon, sebelum masuknya kita ke era modern ini. Setiap hari, dimanapun, kapanpun kita selalu mendengar ataupun melihat konter pulsa. pulsa seolah-olah telah menjadi kebutuhan yang sangat primer dalam kehidupan kita sehari-hari. tapi, meskipun kita telah sering membeli pulsa, yang mejadi pokok pembehasan kita kali ini adalah definisi dari pada pulsa tersebut. Apa itu pulsa secara etimulogi dan terminologi? Pulsa bisa kita namakan sebagai media penghubung untuk berkomunikasi dengan jarak yang dekat maupun yang jauh

Pengertian pulsa juga bisa diartikan sebagai  alat perhitungan untuk menentukan tarif pelanggan pada saat menelepon.  Fungsi dari pulsa juga adalah sebagai satuan biaya untukk berkomunikasi atau mengirim pesan, chatting, messenger dan bisa juga untuk bermain game yang bersifat Online.

Pulsa elektrik merupakan pulsa yang berisi ke dalam kartu provider pra bayar dan sebagai perantaranya elektrik. Teman teman tidak akan asing dengan dua jenis pulsa ini. Elektrik dan gesek yang dirasa memiliki perbedaan mendasar. Terutama dalam cara pemakaian namun untuk harga dirasa rata – rata harganya sama. Berikut merupakan ulasan mengenai perbedaan dari pulsa elektrik dan juga pulsa gesek.

Perbedaan Pulsa Elektrik dan Pulsa Gesek

Dimulai dari membandingkan keunggulan masing – masing jenis pulsa ini. Untuk pulsa fisik atau berupa voucher, pulsa ini memang bisa kita simpan untuk segala macam kebutuhan di masa mendatang. Nantinya ada bukti pembelian yang berupa voucher dan bisa dikoleksi. Pulsa jenis ini memang mudah dibawa untuk cadangan jikalau nanti kita membutuhkan tambahan.

Sementara untuk pulsa jenis elektrik, seperti yang teman teman tahu pengisian akan dilakukan oleh pihak konter atau agen penjual pulsa. Kita hanya perlu menginfokan nomor dan menentukan nominal pembelian kepada pihak konter. Nantinya setelah selesai maka sejumlah pulsa akan masuk pada hp kita sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dengan kata lain, pihak counter memang memiliki suplier pulsa tempat mereka mendapatkan stok pulsa. Hanya saja untuk pulsa dengan jenis ini memang terkadang mengganggu. Bagaimana menurut teman teman ?

Akankah nanti jenis pulsa yang ada sekarang ini tergusur dengan berkembangnya teknologi lagi ? Dua jenis pulsa ini akan mudah teman teman temui saat mengisi pulsa di counter.

Perbedaan yang mencolok dari kedua jenis pulsa adalah cara penggunaannya. Untuk pulsa elektrik kita hanya perlu menulis nomor yang akan diisi pulsa. Sementara untuk pulsa gesek kita akan mendapat semacam voucher pulsa untuk kemudian kita input kode yang ada pada voucher tersebut.

Pulsa Gesek

  • Ada masa expirednya
  • Berupa Kode Voucher (biasanya terdiri dari 16digit angka unik)
  • Pengisian bisa dilakukan langsung dari hp pembeli
  • Voucher Pulsa Reguler tidak bisa dipakai untuk isi ulang pulsa data, begitu juga sebaliknya

Pulsa Elektrik

  • Tidak memiliki masa expired
  • Stok tidak berwujud (pengecekan stok/saldo hanya bisa dilakukan dengan format tertentu)
  • Harus menggunakan hp lain (dari Hp Milik Penjual Pulsa) untuk melakukan pengisian ke pembeli
  • Saldo pulsa all Operator Elektrik bisa dipakai untuk isi pulsa reguler maupun kuota data

Inilah perbedaan antara pulsa gesek dan elektrik. Perbedaan pulsa elektrik dan gesek memang dirasakan oleh banyak pengguna. Meski tidak banyak yang memperhatikan tetapi memilih jenis pulsa ini akan membawa kenyamanan kita dalam berkomunikasi. Dan teman teman juga bisa lihat tentang convert pulsa di sini : convert pulsa.