Inilah Jenis-jenis Beras yang Harus Kalian Ketahui

  • 2 min read
  • Jun 19, 2020
Jenis-jenis Beras

Perlu kalian ketahui bahwa beras adalah makanan pokok yang mendarah daging di budaya makan banyak negara di Asia. Asupan kaya akan karbohidrat ini paling banyak dikonsumsi orang Indonesia.  Untuk orang di Tanah Air, beras yang paling lazim dikonsumsi merupakan beras putih. Hampir setiap hari, semua orang mengolah makanan ini.

Akan tetapi ternyata, selain beras putih ada juga jenis beras lainnya yang mempunyai segudang manfaat untuk tubuh. Inilah jenis-jenis beras dan manfaatnya.

Beras Putih

Beras putih merupakan makanan paling umum dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Selain mudah untuk diolah, beras putih juga mempunyai manfaat sehat untuk tubuh. Akan tetapi, gizi pada beras putih tak tinggi jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Hal tersebut karena proses penggilingan menghilangkan lapisan yang mengandung serat.

Selain itu, gula yang terkandung di dalam beras putih juga besar, sehingga buat kalian yang mengidap diabetes disarankan mengurangi konsumsi nasi putih ya!

Beras Merah

Beras merah mempunyai tekstur lebih keras jika dibandingkan dengan beras putih. Dengan ini banyak sekali orang yang tidak menyukai beras jenis ini.

Akan tetapi buat kalian yang melakukan diet, beras merah pilihan terbaik. Karena beras merah mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks. Sehingga kalian akan merasa lebih cepat kenyang dan mempunyai energi maksimal sepanjang hari.

Selain itu, beras merah dapat mengatur kadar gula darah dan produksi insulin, membuatnya aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Beras Cokelat

Beras cokelat mempunyai bentuk dan warna yang hampir sama dengan beras merah. Serat yang terkandung di dalam beras cokelat akan membuat kalian kenyang lebih lama.

Selain itu, beras ini juga rendah pati dan kalori, dan sangat tinggi sekali akan serat larut. Kandungan minyak sehat dalam beras jenis ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh kalian.

Beras Hitam

Beras hitam sangat sulit ditemukan, karena harganya yang cukup tinggi. Beras hitam mempunyai banyak sekali manfaat, yakni kandungan antioksidan yang tinggi mampu mencegah penyakit jantung dan melindungi tubuh dari beragam penyakit.

Selain itu, beras hitam juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting, seperti vitamin E, B1, B2, B3, B6, disertai zinc, magnesium, dan fosfor. Beras ini sangat baik untuk detoksifikasi tubuh.

Dan beras juga sangat berguna untuk Menyediakan energi Beras organik mempunyai kandungan karbohidrat melimpah, bertindak sebagai bahan bakar untuk metabolisme tubuh dan alat bantu dalam memperbaiki fungsi normal otak. Karbohidrat yang di metabolisme oleh tubuh akan berubah jadi energi fungsional dan bermanfaat. Vitamin, mineral, dan komponen organik dalam nasi meningkatkan energi pada tubuh.

Dan bisa juga untuk Perawatan kulit Pakar medis mengatakan, bubuk beras bisa dioleskan secara topikal untuk menyembuhkan penyakit kulit. Salah satu wilayah di India menggunakan air beras sebagai salep efektif untuk mendinginkan permukaan kulit yang meradang.

Senyawa fenolik pada beras organik mempunyai sifat anti-inflamasi, sehingga bagus untuk mengurangi iritasi dan kemerahan. Air beras baik yang dikonsumsi atau dioleskan cenderung meringankan sejumlah kondisi kulit seperti munculnya keriput dan tanda penuaan dini.

Itulah informasi tentang Inilah Jenis-jenis Beras yang Harus Kalian Ketahui dan kamu juga bisa lihat tentang harga beras 5kg termurah.