Salah satu jenis pipa yang paling digunakan oleh orang-orang adalah jenis pipa pvc. Hal ini karena jenis pipa ini mudah didapatkan, harganya murah dan juga mudah dalam proses instalasinya. Fungsi dari pipa ini adalah untuk menyalurkan air dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Nah agar proses pengaliran air ini bisa berjalan secara maksimal tentu saja akan dibutuhkan sambungan pipa. Ada banyak sekali jenis sambungan pipa yang ada di toko bangunan. Mulai dari sambungan pipa yang lurus sampai sambungan pipa 4 arah berikut dibawah ini adalah beberapa sambungan pipa yang dijual di pasaran.

Jenis-jenis Sambungan Pipa

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas jika sambungan pipa ini memiliki berbagai macam jenis, berikut di bawah ini adalah beberapa jenis sambungan pipa yang ada.

1. Sambungan Pipa Socket

Yang pertama adalah sambungan pipa socket. Sambungan pipa ini berguna untuk memanjangkan saluran air dengan cara menyambungkan secara lurus antara pipa satu dengan pipa yang lainnya. Sambungan socket ini tentu saja hanya bisa digunakan pada pipa dengan ukuran yang sama besar.

2. Sambungan Pipa Elbow

Berikutnya ada sambungan pipa Elbow yang memiliki fungsi guna membelokkan arah aliran air. Banyak masyarakat awam yang menyebut sambungan Elbow ini dengan nama sambungan L karena memang memiliki bentuk seperti huruf L. Berdasarkan tingkat pembelokan, sambungan pipa Elbow ini dibagi menjadi 2 yaitu 45 derajat dan juga 90 derajat.

3. Sambungan Pipa Tee Stuck

Sambungan pipa berikutnya adalah sambungan pipa Tee Stuck yang berguna untuk membagi aliran air menjadi tiga aliran. Masyarakat awam menyebut sambungan tee stuck ini dengan nama sambungan T karena memiliki bentuk yang sama seperti huruf T.

4. Sambungan Pipa Reducer

Selain digunakan untuk menyambung dua pipa dengan ukuran yang sama, ada juga loh sambungan pipa yang digunakan untuk menyambung dua pipa dengan ukuran yang berbeda yaitu sambungan pipa reducer. Hal ini karena pada dasarnya sambungan pipa reducer memiliki fungsi untuk mengurangi volume aliran air, oleh sebab itu disebut sebagai sambungan pipa air reducer.