Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting untuk Website Anda

  • VivaNews
  • Jun 13, 2022

Akan ada satu momen ketika website yang Anda miliki berkembang pesat: dikunjungi banyak pengguna, memiliki engagement yang tinggi, serta memiliki angka konversi dan transaksi yang besar. Di titik itulah, Anda perlu memikirkan untuk upgrade layanan web hosting. Hal ini sangat penting untuk memastikan website Anda tetap bisa diakses dengan cepat.

Sebetulnya ada dua opsi web hosting Indonesia selain shared hosting, yaitu VPS dan cloud hosting. Akan tetapi, di artikel ini kita akan lebih banyak membahas soal cloud hosting. Ini karena cloud hosting menyajikan layanan hosting yang lebih mudah dan tidak terlalu teknis dibandingkan dengan VPS.

Cloud hosting merupakan versi lebih “lengkap” dari shared hosting. Cloud hosting menggunakan beberapa server sekaligus. Hal ini akan menyeimbangkan load website dan memaksimalkan uptime server. Dengan cara kerja macam ini, cloud hosting menjaga website Anda tetap online dan tidak down.

Untuk tahu lebih lanjut soal cara kerja cloud hosting, Anda bisa baca artikel Apa Itu Cloud Hosting. Sebab, kali ini kita akan lebih banyak membahas keuntungan cloud hosting untuk webiste. Di samping itu, kami juga akan membantu Anda memastikan apakah cloud hosting merupakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Di Qwords.com kamu akan mendapatkan Domain & hosting terbaik dengan akses cepat yang didukung layanan support 24/7.

Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting

Dibandingkan jenis layanan web hosting lain, cloud hosting memiliki sejumlah kelebihan. Di bagian ini kita akan mengupas tuntas semua manfaat cloud hosting bagi website Anda.

1. Website selalu online dan cepat diakses

Cloud hosting memiliki kemampuan yang setara dengan VPS. Ia menggunakan beberapa server sekaligus untuk menampilkan website. Hal ini membuat website tidak akan down meskipun diakses oleh pengguna dalam jumlah sangat banyak.

Dengan sistem yang sama, web hosting dalam bentuk cloud umumnya juga lebih cepat daripada layanan lainnya. Ini karena data hanya akan ditransfer dari server yang paling responsif. Jika ada ada gangguan di salah satu jaringan server, maka data akan ditransfer melalui server lainnya.

2. Kelola website secara mudah

Cloud hosting juga cukup mudah untuk dikelola. Ia memiliki berbagai opsi pengaturan dan pengelolaan website. Opsi yang diberikan pun sekilas mirip dengan yang ada di layanan shared hosting. Ini membuat pemilik website yang menginginkan upgrade ke cloud hosting tak perlu khawatir dalam mengelola websitenya.

Layanan cloud hosting tetap memiliki cPanel atau kontrol panel untuk mengatur segala hal teknis di dalam website. Selain itu, terdapat juga fitur WordPress management untuk konfigurasi auto update serta melakukan preview web sebelum online ke publik.

3. Aman dari malware dan hacker

Untuk soal keamanan, Anda tak perlu ragu dengan performa yang diberikan cloud hosting. Layanan hosting ini siap mengatasi berbagai celah keamanan yang ada di website. Sebab, layanan cloud dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan untuk menghalau malware dan hacker.

Setidaknya ada lima fitur keamanan yang langsung tersedia dalam cloud hosting Niagahoster. Pertama, CloudLinux OS. Adanya fitur ini menjaga Anda dari kebocoran data pribadi. Di samping itu, CloudLinux OS juga melakukan update PHP secara teratur untuk menjaga web dari celah keamanan yang tidak diinginkan.