Sebagian dari kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Candi Prambanan. Candi ini sudah dibangun sejak abad ke-9 masehi. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Tahukah kamu kalau Candi Prambanan memiliki legenda yang unik? Candi ini dibangun dalam waktu 1 malam, lho..Candi Prambanan sering disebut sebagai Candi Loro Jonggrang.

Kenapa dinamai Candi Loro Jonggrang? Zaman dahulu ada peperangan antara dua kerajaan Hindu di Pulau Jawa, yaitu kerajaan Pengging dan Keraton Boko. Prabu Damar Moyo adalah raja yang arif dan bijaksana yang memimpin kerajaan Pengging. Ia memiliki anak bernama Bandung Bondowoso.

Kerajaan Keraton Boko dipimpin oleh raja bernama Prabu Boko, yang biasa dikawal oleh patih setia bernama Gupolo. Dua kerajaan ini bertempur dan dimenangkan oleh kerajaan Pengging yang dipimpin Bandung Bondowoso.

Setelah menang, Bandung Bondowoso mencari Gupolo yang melarikan diri ke Kraton Boko. Sesampainya disana, ia malah terpincut dengan kecantikan putri Loro Jonggrang. Sayangnya, Loro Jonggrang yang tahu Bandung membunuh ayahnya membuat siasat untuk membalas dendam.

Loro Jonggrang meminta Bandung untuk membuat 1.000 buah candi dalam semalam, sesuatu hal yang sangat sulit untuk dipenuhi. Namun karena cintanya yang besar untuk Loro Jonggrang, Bandung mencoba membuktikan kesaktiannya dengan meminta ribuan jin untuk membangun candi-candi tersebut.

Melihat kesaktian Bandung, Loro Jonggrang pun panik dan meminta gadis-gadis untuk membakar jerami agar langit menjadi terang. Para jin tersebut pun lari, sampai pada akhirnya yang terselesaikan hanya 999 buah candi.

Mengetahui hal ini, Bandung pun mengutuk Loro Jonggrang menjadi candi yang ke seribu. Legenda yang menarik bukan?

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Ingin melihat sendiri arsitektur candi Prambanan yang keren, ajak keluarga kamu untuk bersama-sama mengunjungi Candi Prambanan. Ada 3 candi utama di halaman pertama, yaitu Candi Brahma sebagai dewa pencipta, Candi Wisnu sebagai dewa pemelihara dan Candi Siwa sebagai dewa pemusnah.

Kalau kamu mampir ke Sleman, harus banget mengunjungi Candi Prambanan yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai cagar budaya Indonesia ini! Selain arsitekturnya sendiri, ada toko oleh-oleh, hotel, restoran, dan tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi disana.

Ajak teman-teman mu untuk datang ke Candi Prambanan karena tiketnya sangat terjangkau. Harga tiket masuk Candi Prambanan Untuk satu orang, kamu hanya perlu membayar Rp19.000 per orang, sangat terjangkau bukan? Kalau pergi rame-rame, worth it banget mengunjungi cagar budaya ini. Kamu juga bisa mengambil foto-foto bagus untuk di post di akun sosial media kamu.

Ada banyak lokasi dimana kamu bisa berfoto dengan background pemandangan yang cantik. Tunggu apa lagi, buat rencana liburan kamu dan beli tiket ke Yogyakarta. Kalau kamu tinggal di sekitar Jawa, perjalanan dengan mobil pribadi atau dengan bus ke Candi Prambanan juga bisa asyik banget!

Pastikan kamu menggunakan sepatu yang nyaman ketika mengeksplor Candi Prambanan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Candi Prambanan adalah di sore hari. Selain nggak panas, kamu juga bisa melihat sunset yang indah sekali dan jangan lupa mengabadikannya juga ya.

Candi Prambanan yang menarik ini sudah menjadi destinasi populer untuk turis mancanegara maupun lokal. Tentu perlu diingat kalau kamu sudah sampai kesana, kamu harus tetap menjaga cagar budaya Indonesia ya! Jangan sembarangan memanjat karena candi ini merupakan tempat suci yang dihormati. Jagalah kebersihan dan jangan membuang puntung rokok sembarangan.