Manfaat Belajar IELTS yang Harus Kamu Tahu!

  • VivaNews
  • Apr 22, 2022

IELTS merupakan salah satu tes bahasa Inggris paling umum dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. IELTS diselenggarakan oleh Cambridge University, British Council dan IDP Educational Australia. IELTS berdiri sejak tahun 1989.

Untuk siswa yang ingin melanjutkan studi ke universitas yang ada di luar negeri sendiri, minimal score IELTS yang harus dicapai adalah berkisar 6,0 hingga 7.0 bagi peminat program pascasarjana tergantung universitas dan tergantung jenjang yang mau ditempuh (Studi S1, S2 atau S3).
Setidaknya ada manfaat yang bisa seseorang dapatkan dengan belajar IELTS, yaitu :

Membuka Peluang Lebih Besar untuk Bekerja di Luar Negeri

Mempelajari IELTS bermanfaat untuk membuka peluang untuk bekerja di luar negeri. Hal ini akan sangat baik dalam menambah pengalaman kerja seseorang, sehingga memiliki value lebih..Dengan mempelajari IELTS, maka seseorang akan mampu melewati satu tantangan, yakni dalam hal komunikasi. Oleh karena itu ia akan dianggap mampu untuk bekerja dengan cukup baik tanpa ada hambatan berkomunikasi.

Membantu untuk Bernegosiasi dan Presentasi

Dalam IELTS kita akan mempelajari structure dan grammar yang benar, hingga membuat sebuah kalimat yang tepat. Kedua hal ini penting dalam  melakukan komunikasi bisnis, yakni ketika negosiasi dan presentasi.

Memperlancar Percakapan dengan Bahasa Inggris

Mempelajari IELTS akan mempermudah seseorang dalam melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris. Ketika seseorang mempelajari IELTS maka ia tidak hanya mempelajari grammar ataupun structure, namun ia akan dibiasakan untuk mendengar percakapan Bahasa Inggris, sehingga  membuat telinga lebih terbiasa. Dengan begitu, Seseorang akan terlatih dalam listening dan tanpa sadar akan mampu mengerti setiap kata yang diucapkan.

Tips Mengisi Soal

Berikut sebuah tips mengisi soal IELTS:

Buat strategi

Dengan membuat strategi yang tepat, Anda dapat mengefektifkan waktu sebaik mungkin ketika melakukan tes IELTS. Dalam tes mendengarkan, misalnya, tandai kata kunci yang bisa menolong Anda untuk fokus kepada hal-hal penting. Untuk menghemat waktu ketika tes membaca, Anda bisa langsung melihat daftar pertanyaan. Setiap orang memiliki strategi yang berbeda-beda, jadi pastikan Anda mengetahui strategi yang paling tepat untuk diri Anda sendiri. 

Membaca dan menulis tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Biasakan diri Anda untuk membaca berbagai topik; dari mulai membaca buku panduan, iklan, majalah, artikel, esai, laporan tentang budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Setelah itu, tulis kalimat dari kosa kata yang  baru Anda temukan di bacaan tersebut. Ketika sudah terbiasa menulis kalimat lengkap, Anda bisa berlatih menulis paragraf dan menyusunnya dengan baik. 

Cari teman belajar

Carilah teman yang pandai berbahasa Inggris untuk membantu Anda berlatih, terutama dalam speaking test (tes berbicara). Jangan lupa untuk meminta saran dari mereka. Pastikan rekam latihan Anda agar lebih mudah untuk dievaluasi. Cobalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara Anda dari saran yang teman Anda berikan. Dengan latihan yang cukup, otak Anda akan terbiasa untuk berpikir dalam bahasa Inggris.