Mengenal Lebih Jauh Tentang Investasi dan Manfaatnya

  • VivaNews
  • Dec 02, 2021

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Karena harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari inilah investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Istilah investasi sendiri berasal dari kata Bahasa Italia, investire yang berarti memakai atau menggunakan. Umumnya, dana atau aset yang ditanamkan oleh seorang investor akan dikembangkan oleh badan atau pihak yang mengelola.

Keuntungan dari hasil pengembangan tersebut nantinya akan dibagikan kepada investor sebagai imbal balik sesuai dengan ketentuan antara kedua pihak. Secara ekonomi, dalam investasi, pemodal akan membeli sesuatu yang tidak akan dipergunakan sekarang. Sesuatu yang dibeli tersebut disimpan sebagai harta yang setelah melewati masa tertentu dapat mengalami perubahan nilai. Investasi tidak selalu berujung menghasilkan keuntungan. Terdapat risiko kerugian juga dalam berinvestasi.

Maka dari itu, penting sekali memahami jenis-jenis investasi dan risikonya. Jika dulu investasi mengharuskan untuk melakukan administrasi yang rumit, saat ini investasi dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Hanya dengan berbekal smartphone misalnya, Anda dapat melakukan investasi melalui produk-produk investasi Tokopedia seperti Emas dan Reksa Dana. Nominal untuk investasi pun bisa dimulai dari Rp500.

Menjauhi Kemungkinan Terjadinya Inflasi

Inflasi pasti selalu terjadi dari waktu ke waktu. Kondisi ini berdampak pada menurunnya nilai mata uang. Investasi pun menjadi salah satu cara menjauhi dampak inflasi. Dengan investasi yang baik, kamu bisa membuat pertumbuhan uang lebih banyak lagi.

Penghasilan Jadi Bertambah

Tentu salah satu manfaat investasi adalah dengan memberikan penghasilan tambahan.  Dengan begini penghasilan kamu bisa berasal lebih dari satu sumber dan mungkin saja tidak lagi menggantungkan hidup pada gaji yang diperoleh setiap bulannya.

Nilai Uang Bertambah

Bila menabung di bank, uang bisa terus dipotong karena adanya sistem bunga yang biasanya hanya cukup untuk membayar biaya administrasi. Kondisi keuangan pun bakal memerlukan waktu yang lama untuk bertubuh.

Namun dengan manfaat investasi, kamu bisa mengatur uang dan meningkatkan nilainya secara lebih singkat. Dengan begini, uang kamu jadi lebih banyak dan memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan

Salah satu manfaat investasi adalah untuk membantu mempersiapkan modal terkait kebutuhan di masa depan seperti kesehatan, pernikahan, pendidikan anak, dan lain-lain. Melalui investasi, kamu bisa terbantu untuk menghadapi adanya kenaikan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Merdeka Secara Finansial

Siapa yang tidak ingin merasakan financial freedom? Kondisi ini diartikan sebagai keadaan di mana kamu memiliki finansial yang mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan financial freedom adalah dengan berinvestasi.

Melatih Tanggung Jawab dan Belajar Mengambil Keputusan

Manfaat investasi sebenarnya secara tidak sadar juga melatih seseorang untuk lebih bertanggung jawab dan belajar mengambil keputusan. Dengan melakukan investasi, kamu harus bertanggung jawab terhadap investasi yang kamu lakukan

Sebagai contoh, bertanggung jawab bila mengalami kerugian dengan membuat rencana cadangan. Manfaat investasi lainnya juga akan membuat kamu belajar untuk berani mengambil keputusan finansial dan melatih kemampuan menganalisa untung rugi investasi.

Hal yang perlu diingat, semakin tinggi keuntungan investasi, semakin tinggi pula tingkat risiko yang mungkin saja terjadi. Yang jelas, sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi, kamu harus pahami betul apa saja syarat dan juga risiko yang mungkin terjadi. baca juga informasi yang menarik lainnya hanya di http://www.gemarinvestasi.com/.