Mengenal Minuman Isotonik dan Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan

  • 3 min read
  • Aug 02, 2021
Mengenal Minuman Isotonik dan Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan

Kita yang sekarang berada di tengah-tengah situasi pandemi, perlu untuk memperhatikan kadar elektrolit dalam tubuh kita. Hal ini karena elektrolit memiliki peran yang penting untuk kita, beberapa di antaranya adalah:

  • Menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh
  • Seimbangkan tingkat pH tubuh
  • Pindahkan nutrisi ke dalam sel
  • Pindahkan limbah dari sel
  • Mengatur fungsi saraf, otot, jantung, dan otak
  • Membantu membangun kembali jaringan yang rusak
  • Sering kali, minuman olahraga dan air yang diresapi dengan elektrolit akan merujuk (atau menargetkan) atlet dalam pemasaran mereka. Itu karena ketika seseorang berolahraga dan berkeringat, mereka kehilangan elektrolit berharga dalam proses yang perlu disegarkan.
  • Kita membutuhkan elektrolit dalam tubuh kita untuk melakukan segalanya: berjalan, bernapas, bahkan berpikir! Tanpa elektrolit di otak kita, sel-sel saraf kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik.

Untuk mendapatkan asupan elektrolit, kamu bisa mengkonsumsi minuman isotonik. Minuman isotonik sendiri adalah  minuman dengan kandungan elektrolit yang berasal dari mineral dengan muatan listrik ketika dilarutkan dalam air. Tubuh kamu mempertahankan elektrolit dari makanan yang kamu makan dan cairan yang kamu minum. Mineral ini, seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium yang kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh kamu. (1)

Apa itu Air Elektrolit?

Air elektrolit diresapi dengan mineral bermuatan listrik, seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Kadang-kadang, air elektrolit dapat disebut sebagai air mineral atau air alkali. Percaya atau tidak, air laut dan air ledeng bahkan mengandung elektrolit berupa berbagai macam garam. Jelas, minum air asin tidak dianjurkan; itu memiliki keseimbangan mineral yang tepat yang penting untuk meningkatkan kesehatan. Air minum elektrolit secara khusus dirancang untuk meningkatkan hidrasi dan fungsi tubuh lainnya dengan memiliki konsentrasi optimal hanya elektrolit yang paling bermanfaat. Air elektrolit, seperti minuman olahraga, telah menambahkan elektrolit untuk hidrasi yang lebih besar, tetapi minuman olahraga seringkali mengandung banyak gula dan kalori. (1)

Apa Manfaat Air Elektrolit?

Air terdiri hingga 60 persen dari tubuh manusia dewasa. Ketika kamu kehilangan bahkan sebagian kecil dari 60 persen ini, tubuhmu tidak dapat melakukan semua fungsi esensialnya. Saat kamu mengalami dehidrasi, elektrolit masuk untuk mengatur tingkat hidrasi. (1)

Dalam beberapa keadaan, kadar elektrolit dalam darah bisa menjadi terlalu rendah, menyebabkan ketidakseimbangan. Ketidakseimbangan elektrolit dapat memiliki efek berbahaya pada kesehatanmu. Gejalanya bisa meliputi:

  • Kelelahan
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Mati rasa dan kesemutan
  • Kebingungan
  • Kelemahan otot dan kram
  • Sakit kepala
  • Kejang

Ketidakseimbangan elektrolit sering terjadi karena dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, terutama saat berolahraga, sakit, atau panas yang berlebihan – saat itulah kamu cenderung kehilangan cairan paling banyak.  (1)

Meskipun air minum secara teratur merupakan persyaratan untuk mencegah dehidrasi, yang terbaik adalah mengganti cairan yang hilang itu dengan air elektrolit, dan inilah alasannya:

  1. Tingkatkan Performa Latihan

Selama aktivitas fisik, kamu membutuhkan cairan tambahan untuk menggantikan air yang hilang melalui keringat. Faktanya, kehilangan air sesedikit 1-2% dari berat badan kamu dapat menyebabkan penurunan kekuatan, kecepatan, dan fokus. Keringat juga mengandung elektrolit, termasuk sejumlah besar natrium, serta sejumlah kecil kalium, kalsium, dan magnesium

Untuk mengganti elektrolit yang hilang karena keringat, kamu disarankan untuk minum air yang mengandung elektrolit daripada air minum biasa saat berolahraga. Ini akan membantu meningkatkan fungsi jantung, otak, otot, dan sistem saraf.

  1. Mendukung Fungsi Sistem Saraf

Kita semua dapat membayangkan atlet menenggak minuman olahraga untuk mengisi kembali elektrolit mereka yang hilang, tetapi atlet bukan satu-satunya yang perlu menjaga tubuh mereka tetap terhidrasi dan kadar cairan seimbang. Memahami pentingnya hidrasi yang konsisten membuat kita tetap aman dan pada akhirnya lebih produktif. Bahkan penurunan kecil dalam hidrasi dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif, konsentrasi dan kewaspadaan yang lebih rendah, dan waktu reaksi yang lebih lambat. Pada dehidrasi 3%, waktu reaksi kamu setara dengan seseorang dengan kandungan alkohol dalam darah 0,08%. (2)

Sistem saraf kamu adalah kumpulan kompleks saraf dan sel khusus yang mengirimkan sinyal dari otak kamu ke bagian lain dari tubuh kamu. Elektrolit memainkan peran integral dalam proses komunikasi itu.

  1. Rehidrasi Selama Sakit

Dalam jangka pendek, muntah dan diare biasanya bukan kondisi yang serius. Namun, gejala yang parah atau persisten dapat dengan cepat menyebabkan dehidrasi jika cairan dan elektrolit tidak diganti. Dokter merekomendasikan minum air yang ditingkatkan elektrolit pada tkamu-tkamu pertama penyakit untuk mencegah dehidrasi. Minuman olahraga serupa tetapi mengandung jumlah gula yang lebih tinggi. Mereka tidak direkomendasikan, karena gula dapat memperburuk penyakit. Namun, minuman olahraga dapat ditoleransi jika diencerkan dengan 1 bagian air, 1 bagian minuman olahraga

Yang penting, minuman elektrolit mungkin tidak cukup untuk mengobati dehidrasi parah. Jika penyakit berlangsung lebih dari 24 jam atau jika kamu tidak dapat menahan cairan, dapatkan bantuan medis. (2)

  1. Mencegah Serangan Panas

Lingkungan yang panas membuat kamu berisiko terkena berbagai penyakit terkait panas, yang berkisar dari ruam panas ringan hingga sengatan panas yang mengancam jiwa. Biasanya, tubuh kamu mengelola panas dengan melepaskannya melalui kulit kamu dan dengan berkeringat. Namun, sistem pendingin ini mungkin mulai gagal dalam cuaca panas, menyebabkan suhu tubuh kamu naik ke tingkat yang sangat tinggi.13 Kunci untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan panas adalah membatasi waktu kamu dalam panas. Namun, mendapatkan banyak cairan dan elektrolit juga sangat penting untuk membantu tubuh kamu tetap dingin

Di lingkungan yang panas, air yang ditingkatkan elektrolit direkomendasikan untuk hidrasi daripada minuman lain karena kemampuannya untuk mengisi kembali elektrolit vital yang hilang dalam keringat. Minuman yang mengandung gula dan kafein seperti soda, kopi, dan teh dapat memperburuk dehidrasi, seperti halnya alkohol. (2)

Itulah tadi penjelasan bagaimana minuman elektrolit dapat menjaga kesehatan tubuhmu. Untuk minuman isotonik yang mengandung elektrolit yang baik, pastikan kalau kamu mengkonsumsi Mizone, ya! Sebagai minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, Mizone bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

Source:

  1. https://quenchwater.com/blog/.
  2. https://www.healthline.com/nutrition/electrolyte-water