Pengertian Rumah Sakit dan Sejarahnya

  • 2 min read
  • Sep 11, 2020
Rumah Sakit eka hospital

Rumah sakit atau eka hospital merupakan pusat dari pelayanan kesehatan yang kompleks dan juga sangat lengkap. Rumah sakit ini sangat dekat dengan kehidupan manusia menjadikan dimanapun lokasi dari rumah sakit menjadi tidak pernah sepi dan pasti ramai.

Pengertian Rumah Sakit

Perlu anda ketahui rumah sakit adalah pelayanan kesehatan yang juga menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara lengkap yang menyediakan pelayanan rawat jalan, gawat darurat dan juga rawat inap.

Sejarah dari Rumah Sakit

Rumah sakit ini sebenarnya sudah ada dari mesir kuno. Pada jaman dahulu, teknik pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan manusia dari penyakit. Pada saat ini juga semua teknik, obat-obatan dan juga peralatan pengobatan telah menjadi sangat praktis dan modern. Bayangkan saja apabila ketika jaman dulu orang yang di operasi tidak menggunakan bius karena belum ditemukan pada jaman dahulu.

Dan pada suatu ketika, pengobatan dan kepercayaan berhubungan sangat baik dan erat. Salah satu contohnya seperti institusi pengobatan tertua merupakan kuil mesir. Pertama kali kuil asclepius di Yunani dipercaya dapat memberikan pengobatan kepada orang yang sedang sakit, dan selanjutnya di adopsi oleh bangsa romawi sebagai sebuah kepercayaan.

Kalau institusi yang lebih spesifik dengan pengobatan pertama kali ditemukan di negara India. Dan institusi yang pertama kali dinamakan rumah sakit berada di srilanka yaitu rumah sakit Brahmanti pada tahun 431 sebelum masehi.

Selain itu pada tahun 230 sebelum masehi ashoka mendirikan banyak rumah sakit yaitu 18 di hindustan pada dengan dilengkapi perawat dan tenaga medis yang di biaya oleh pihak kerajaan. Ilmu medis dan pelayanan pada orang publik terus berkembang pada waktu itu.

Rumah sakit pertama kali menerapkan konsep dari pengajaran pengobatan dengan mahasiswa yang diberikan oleh tenaga ahli yang merupakan akademi gundishapur dari kerajaan persia. Kemudian perlu Anda ketahui bahwa bangsa romawi membuat valetudinaria untuk pengobatan, prajurit, gladiator dan juga budak sekitar kurang lebihnya 100 sebelum masehi. Dengan adanya adopsi kepercayaan kristiani menjadikan pengaruh pelayanan tenaga medis di sana.

Sementara pada tahun 325 di konsili nicea memberikan perintah kepada pihak gereja langsung untuk mendapatkan pelayanan kepada orang sakit, janda, musafir dan orang miskin. Lalu setiap katedral di haruskan setiap kota harus menyediakan satu pelayanan kesehatan. Perdana  yang mendirikannya merupakan saint sampson di konstantinopel dan basil, bishop of caesarea. Dan bangunan ini pun ada hubungannya dengan bangunan gereja, dan disediakan pula tempat terpisah bagi penderita lepra.

Hal ini, rumah sakit dalam sejarah islam memperkenalkan standar pengobatan yang sangat tinggi pada abad ke delapan sampai dengan dua belas. Dan ketika di china pada abad sembilan sampai dengan sepuluh dengan mempekerjakan 25 staf pengobatan dan perlakuan pengobatan berbeda untuk penyakit yang beda juga. Rumah sakit yang di biayai pemerintah muncul juga dalam sejarah Tiongkok pada pertama abad kesepuluh.

Selanjutnya pada abad ke 18 rumah sakit modern pertama kali dibangun dengannya menyediakan pembedahan medis dan juga pelayanan medis. Rumah sakit guy’s dibangun di london pada tahun 1724 atas permintaan seorang saudagar kaya yaitu thomay guy. Rumah sakit yang dibiayai oleh swasta seperti ini selanjutnya menular ke seluruh negara inggris.