Peralatan Penting Saat Olahraga Renang

  • VivaNews
  • May 15, 2022

Olahraga renang semakin populer dan diminati oleh banyak kalangan, karena renang memiliki banyak manfaat. Hingga saat ini olahraga renang telah dijadikan ajang perlombaan atau kompetisi baik lokal maupun internasional. Secara definisi, renang adalah upaya menggerakan tangan dan kaki agar semua bagian tubuh dapat mengapung dipermukaan air.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa olahraga renang ini sangat menyehatkan, karena hampir semua otot bergerak dan mengembang, membantu jantung dan paru-paru untuk berkontraksi dengan baik dan merangsang sendi untuk terus bergerak sehingga sendi akan terjaga kesehatannya.

Selain untuk olahraga, renang juga termasuk sarana rekreasi yang bisa dilakukan untuk semua usia mulai dari bayi hingga orang tua. Banyak orang menyebut renang dengan istilah rekreasi air, nah rekreasi ini juga mampu memberikan manfaat lain secara psikis. Diantaranya dapat menghilangkan rasa takut tenggelam, menambah kepercayadirian, dan meningkatkan kepedulian terhadap sosial. Tentu akan sangat baik apabila renang ini diajarkan kepada anak sedini mungkin.

Peralatan Renang

Akan tetapi ingat, perlengkapan renang tentu tidak boleh dinomor duakan. Hal ini mengingat sangat pentingnya bagi keselamatan kamu saat melakukan kegiatan renang. Berikut peralatan renang yang harus kamu miliki:

1. Baju dan Celana Renang

Gunakanlah baju dan celana renang saat hendak berenang, karena pakaian tersebut akan memudahkan kamu dalam berenang. Apabila kamu terbiasa dengan menggunakan pakaian seperti kaos, maka segera ganti karena kaos justru akan menyulitkan kamu ketika berenang. Baju dan celana renang telah dirancang khusus untuk digunakan minim menyerap air, sehingga ketika digunakan badan kamu akan tetap terasa ringan.

2. Kacamata Renang

Pernahkah kamu setelah selesai berenang matanya terasa perih dan memerah? Kamu dapat mengurangi efek ini dengan mengenakan kacamata renang. Tanpa memanfaatkan kacamata renang, air akan masuk secara bebas sehingga membuat mata kamu terasa perih dan gatal. Akan sangat berbahaya apabila karena perih dan gatal mata kamu kucek, itu akan mnyebabkan iritasi mata.

3. Pelampung Renang

Pelampung berfungsi untuk membantu kamu mengapung diatas air dan melatih kaki untuk medorong. Selain itu fungsi dari pelampung renang ini sangat berguna untuk menyeimbangkan badan, sehingga badan tidak dapat dengan mudah tenggelam.

4. Topi Renang

Rambut akan terasa mengganggu saat renang, selain menambah beban (karena rambut menyerap air) juga menyulitkan mata melihat karena tertutup rambut, apalagi jika rambutnya panjang. Kamu membutuhkan topi untuk memudahkan saat bergerak kedepan, karena topi renang terbuat dari bahan yang licin dan minim menyerap air sehingga akan membuatmu melesat saat berenang.

5. Pull Buoys

Nah, jika Pull Buoys berbeda dengan pelampung renang atau kickboard. Pull Buoys berguna untuk melatih anggota badan bagian atas. Tangan akan berusaha membuat gerakan tarikan agar supaya badan dapat melaju tanpa bantuan kaki, karena kaki harus menjepit Pull Buoys dengan rapat maka otomatis kaki tidak dapat membantu saat berenang.

6. Kaki Katak

Kamu pasti pernah mendengar istilah kaki katak. Ya, kaki katak ini berfungsi untuk membantu kamu dalam melakukan tendangan atau tolakan sehingga dapat melaju dengan cepat. Meskipun dengan bantuan kaki katak ini akan membuat kamu terasa berat saat menendang tetapi tolakkannya terasa lebih kuat.