Perhatikan 5 Cara Memilih Rental Mobil Aman di Masa Pandemi, Patuhi Protokol Kesehatan

  • 2 min read
  • Jul 26, 2020
Rental Mobil Aman di Masa Pandemi

Sewa mobil bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk Anda bepergian atau berwisata. Sewa mobil memiliki keunggulan tersendiri terutama untuk keluarga karena kita bisa menyewanya untuk kendaraan keluarga.

Sehingga Anda tak perlu repot-repot mengurusi transportasi umum. Pada situasi pandemi seperti sekarang ini, sewa mobil bisa dipilih sebagai salah satu cara yang bisa mengurangi risiko penularan COVID-19 saat bepergian.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya aman dan nyaman buat Anda jika memutuskan untuk menyewa mobil saat bepergian. Berikut adalah 5 cara memilih rental mobil aman di masa pandemi.

  • Pakai Jenis Mobil Keluarga

Untuk meminimalisir penularan COVID-19, Anda sebaiknya bepergian bersama keluarga saja yang berada satu rumah dengan Anda. Oleh karena itu, gunakan jenis mobil keluarga jika ingin menggunakan jasa sewa mobil.

Beberapa mobil keluarga yang mampu memuat 6-8 penumpang antara lain Kijang Innova, Nissan Grand Livina, Toyota Avanza dan lain-lain. Sebaiknya tentukan beberapa tujuan bepergian Anda secara terencana sehingga saat berada di jalan tidak ada perubahan tujuan secara mendadak.

Di masa new normal ini, beberapa tempat wisata di beberapa daerah ada yang masih belum buka. Hal ini terkait dengan termasuk zona apa daerah tersebut dalam daerah sebaran COVID-19.

  • Batasi Jumlah Penumpang

Walaupun bepergian dengan penumpang, namun usahakan dilakukan juga pembatasan jumlah penumpang agar bisa menerapkan system physical distancing. Sebisa mungkin berilah jarak satu tempat duduk sehingga kapasitas mobil hanya terisi setengahnya.

Misalnya jika kapasitas mobil 8 orang, maka Anda bisa membatas jumlah penumpang menjadi 4-5 orang. Jika tidak bisa, maka pastikan seluruh penumpang memakai masker dan membawa hand sanitizer.

Selain itu, pindai seluruh penumpang sebelum masuk ke mobil untuk mengukur suhu tubuh dan riwayat penyakit mereka sehingga kita memiliki data kondisi kesehatan seluruh penumpang.

  • Gunakan Protokol Kesehatan

Untuk menyewa mobil, usahakan pilih rental mobil yang sudah menerapkan protokol kesehatan Misalnya, rental mobil yang menjamin armadanya telah steril, menyediakan masker, menjamin driver dalam kondisi sehat dan lain-lain.

Memastikan armada steril adalah hal yang paling penting karena penularan virus Corona bisa melalui droplet yang bisa saja terpapar di permukaan interior mobil. Salah satu proses sterilisasi dilakukan dengan cara penyemprotan disinfektan.

Hal ini dilakukan sebelum dan sesudah pemakaian armada. Selain itu, pastikan sewa mobil menyediakan masker dan hand sanitizer. Untuk masker, Anda dan penumpang seharusnya menyediakan sendiri karena hal itu wajib.

  • Aturan soal Driver

Satu lagi yang perlu diperhatikan dalam menyewa mobil adalah driver. Sebenarnya, lebih baik Anda menyetir sendiri kendaraan Anda tanpa menggunakan driver. Namun jika harus menggunakan driver, maka pastikan driver tersebut dalam keadaan sehat.

Pilih sewa mobil yang menjamin keadaan driver. Misalnya driver dijamin sudah melakukan swab test atau rapid test yang dilengkapi dengan surat keterangan kondisi kesehatan. Usahakan juga driver agar mengurangi kontak fisik dengan para penumpang.

  • Hindari Pembayaran Cash

Tidak perlu datang langsung ke tempat sewa mobil untuk memesan mobil. Anda bisa memesannya secara online, seperti melalui TRAC berikut ini. TRAC menyediakan sewa kendaraan sesuai kebutuhan Anda.

Setelah memesan secara online, pembayaran juga dilakukan melalui transfer. Anda tak perlu repot-repot melakukan pembayaran secara cash. Hal ini juga dilakukan demi meminimalisir penularan COVID-19.

Pada masa pandemic ini, TRAC juga telah terbukti aktif membantu upaya pemerintah memerangi COVID-19 ini dengan menyediakan akomodasi dan transportasi untuk tenaga kesehatan di RS Persahabatan dan RSPAD, lewat kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Itulah beberapa cara memilih rental mobil aman di masa pandemi. Sewa mobil menjadi salah satu cara aman untuk bepergian di tengah pandemi seperti sekarang ini. Asalkan penumpang dan rover mematuhi protocol kesehatan yang sudah diserukan oleh pemerintah.