Anda pasti kebingunan ketika anda baru pertama kali akan menyewa sebuah unit apartemen. Karena mencari sebuah unit apartemen yang sesuai dengan budget dan bagus merupakan hal yang sangat sulit. Sementara itu anda belum mengetahui juga peraturan-peraturan dan harga ketika anda akan menyewa sebuah apartemen apalagi ada biaya tambahan seperti biaya maintence. Ada beberapa hal yang mesti anda pertimbangakan ketika anda akan memilih sebuah apartemen untuk anda tinggal.

Namun anda jangan khawatir, kami akan memberikan seputar Tanya jawab yang biasanya seseorang akan menyewa apartemen tahunan. Pertanyaan ini akan memberikan gambaran apa saja peraturan dan tips dalam menyewa sebuah apartemen dalam jangka waktu tahunan. Berikut pertanyaan nya :

  1. Dimana sih mencari sewa apartemen yang sesuai dengan kebutuhan kita?

Ini sangat terngantung dengan kebutuhan anda. anda dapat mencari dahulu tempat sewa apartemen sesuai tujuan kota anda. sekarang sangat mudah untuk mencari informasi terkait ketersedian unit apartemen di website. Contohnya di travelio.com, anda bisa mencari beberapa unit apartemen yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Bolehkah saya mendekorasi ruangan apartemen tanpa terkena denda/penalty?

Biasanya sang pemilik apartemen akan membolehkan anda untuk mendekor ulang namun ketika habis kontrak sang pemilik ingin dikembalikan kondisi ruangan seperti semula. Di dalam kontrak sewa apartemen, ada izin terlebih dahulu sebelum anda mendekor ruangan seperti memasang wallpaper atau memasang figura. Dan juga anda akan diminta deposit diluar uang sewa untuk peraturan tertentu. Jika melanggar peraturan, anda akan kehilangan uang deposit.

  1. Apakah ada jatah lahan parkir untuk apartemen?

Biasanya lahan parker untuk penyewa apartemen akan diberikan, artinya anda diberi lahan satu tempat parkir untuk satu unit apartemen. Dalam memilih lahan parkir, ada baiknya anda mengecek langsung untuk menentukan dimana tempat lahan parkir yang bagus dan cocok untuk memparkir mobil anda. agar ketika anda ingin menggunakan mobil, anda dengan mudah mengeluarkan mobilnya.

  1. Tanyakan apa saja yang termasuk sewa dan yang tidak termasuk sewa?

Sebelum anda menyewa, ada baiknya anda mengetahui apa saja biaya sewa yang anda bebani dan tidak. Untuk itu anda bisa tanyakan kepada pemilik tentang biaya sewa apakah anda harus membayar tagihan internet? Biaya maintence?. Anda perlu menghitung dan mempertimbangkan biaya yang harus anda keluarkan setiap bulan. Namun biasanya ada juga sang pemilik yang memasukan biaya maintence dan parkir kedalam biaya sewa.

  1. Bagaimana situasi dan keamanan di apartemen?

Anda bisa menanyakan kepada pemilik tentang situasi dan keamanan di lingkungan apartemen tersebut. Anda bisa menanyakan mulai dari fasilitas CCTV, kartu akses pribadi, security, dan hal menyangkut keamanan apartemen. Dan juga anda bisa tanyakan lingkungan apartemen sekitar seperti apa. Anda juga bisa mengecek dengan cara berjalan-jalan di area sekitar untuk memutuskan apakah lingkungan apartemen aman atau tidak.

  1. Jika ada kerusakan di dalam unit apartemen, apa yang harus saya lakukan?

Penting ketika anda telah menyewa sebuah apartemen dan terjadi kerusakan pada unit tertentu anda bisa langsung mencatatnya dan melaporkannya kepada sang pemilik. Contohnya seperti lubang pada tembok, adanya goresan atau kerusakan sebelum anda tingali. Anda harus detail dan sigap ketika ada kerusakan seperti itu agar dikemudian hari anda tidak terkena denda atau ganti rugi ketika anda sudah tidak menyewa apartemen tersebut.