Resume Makalah

  • 2 min read
  • Feb 13, 2021
Resume Makalah
Table Of Content [ Close ]

Contoh resume – Resume adalah salah satu contoh dari beberapa tugas yang sering dikerjakan untuk keperluan sekolah atau kuliah. Beberapa mata pelajaran atau mata kuliah biasanya melatih siswa atau mahasiswa untuk membuat resume. Namun apakah sebenarnya resume itu sendiri?

Beberapa sumber menyebut resume adalah sebuah ringkasan. Bila hanya disebut sebuah ringkasan rasanya kurang begitu tepat karena ringkasan sangat pendek dan sempit pemaknaannya. Resume dapat disebut sebagai hasil dari pemadatan sebuah karya tulis, walau disebut padat bukan berarti sangat singkat atau ringkas. Justru resume masih mempertahankan beberapa detail poin-poin dari sebuah karya untuk dijabarkan secara singkat namun jelas. Ringkasan biasanya merupakan satu tulisan yang utuh yang mencakup semua topik bahasan yang dan ditulis kembali dengan seringkas-ringkasnya. Memang filosofinya sama yaitu mempersempit ruang atau skala dari sebuah bacaan.

Di bawah ini adalah salah satu contoh resume dari sebuah makalah Ekonomi. Semoga contoh berikut dapat membantu pemahaman kita semua tentang resume.

Resume Makalah

Contoh resume ini adalah resume makalah tentang Pariwisata dan Ekonomi Indonesia

Judul: Perkembangan Ekonomi dan Pariwisata Indonesia Tahun 2013

Pendahuluan

Sumbangan pariwisata untuk ekonomi Indonesia sangatlah besar. Banyak masyarakat Indonesia khususnya yang berada di wilayah pariwisata menggantungkan hidupnya demi taraf hidup yang lebih baik. Selain itu ekosistem lainnya juga akan semakin terdongkrak karena sumbu perekonomian pariwisata yang terus berputar dan saling membantu sektor-sektor lain untuk bergerak dan berkembang. Demi menjaga kelangsungan pariwisata dan meningkatkan jumlah devisa yang dihasilkan untuk membantu perekonomian nasional maka perlu adanya aspek-aspek pariwisata yang mendukung keberlangsungan pariwisata Indonesia. Mengutamakan kualitas adalah salah satu hal yang sangat penting kemudian didorong dengan kuantitas. Sehingga pelancong baik dari dalam dan luar negeri mampu merasakan pengalaman berwisata yang mengesankan di Indonesia dengan menikmati sarana-prasarana yang nyaman, aman, akses yang mudah, harga yang terjangkau, serta pengalaman yang menyenangkan selama berwisata. Dengan lengkapnya sarana dan didukung penuh dengan keberlangsungan ekosistem yang baik, pariwisata akan terus mampu mencetak devisa untuk peningkatan perekonomian negara secara nasional.

Isi

Meskipun krisis melanda negara-negara Eropa dan perekonomian yang melambat dari Amerika Serikat, pada tahun 2013 Indonesia dikatakan cukup mampu menahan gelombang krisis global tersebut. Buktinya, inflasi hanya 8.39% yang dimana Bank Indonesia saat itu memprediksi inflasi mencapai 8.5%.  Melonjaknya harga BBM dan tingginya harga bahan pokok membuat ekonomi masyarakat Indonesia tertekan. Aktivitas ekspor-impor menurun dan nilai rupiah juga terdepresiasi atau naik turun. Di sisi lain ada peningkatan investasi jika dibandingkan tahun 2012 yang hanya 71.2 triliun. Adanya peran dan bantuan pariwisata masih cukup untuk menangani perlambatan ekonomi tahun tersebut.

Sebagai salah satu sektor penting untuk menggerakkan ekonomi nasional, pariwisata harus tetap dijaga keberlangsungannya baik itu dari komponen alami yang merupakan kekayaan alam serta budaya, serta komponen buatan berupa akomodasi untuk menikmati daya tari tempat-tempat wisata. Adanya krisis di negara-negara Eropa serta lambatnya perekonomian Amerika Serikat tak membendung gelombang pariwisata yang terus membesar. Peningkatan jumlah kedatangan tamu asing juga mengindikasikan bahwa dunia internasional memiliki persepsi positif terhadap Indonesia sehingga mereka tetap datang dan khususnya para investor yakin bahwa iklim investasi di Indonesia ke depan sangatlah menjanjikan.

Penutup

 Walaupun dapat dikatakan mampu kebal dari krisis ekonomi luar negeri, pariwisata harus tetap dijaga dan dilestarikan guna tetap mampu memutar roda perekonomian rakyat yang berada di kawasan pariwisata dan secara tidak langsung membantu perekonomian nasional. Peningkatan kualitas diiringi dengan kuantitas dapat membuat pariwisata semakin kokoh untuk membantu perekonomian Indonesia dikala sektor lain mengalami krisis. Dengan begitu Indonesia akan masih tetap kuat dari segi perekonomiannya.