Snorkeling Nusa Penida – Panduan dan Daftar Lokasi Spot Snorkeling Terbaik

  • VivaNews
  • Jul 04, 2022

Aktivitas wisata bahari yang banyak di minati wisatawan Indonesia saat liburan ke pulau Bali adalah snorkeling. Ada banyak pilihan lokasi snorkeling di pulau Bali. Seperti Nusa Dua, Nusa Lembongan dan pulau Nusa Penida. Namun khusus pada halaman ini, saya akan menuliskan panduan aktivitas snorkeling di Nusa Penida. Jadi, apabila anda saat ini sedang merencanakan untuk snorkeling di pulau Nusa Penida, Agar lebih hamat dan seru kamu juga bisa dengan memakai Paket Snorkeling Nusa Penida.

Daya Tarik Pariwisata Nusa Penida

Pada sisi tenggara pulau Bali terdapat tiga pulau yang berada dalam pemeritahan kabupaten Klungkung Bali. Ketiga pulau tersebut antara lain, pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan dan pulau Nusa Ceningan. Untuk destinasi wisata, yang paling pertama kali terkenal adalah Pulau Nusa Lembongan.

Saat ini sebagian besar wisatawan Indonesia saat liburan ke pulau Bali, selain mengunjungi tempat wisata yang ada di pulau Bali, juga liburan ke pulau Nusa Penida.

Arus Laut Cukup Tenang dan Visibilitas Bagus

Selain keindahan pemandangan alam Nusa Penida yang dapat anda lihat dari daratan, keindahan pemandangan bawah laut Nusa Penida juga banyak menarik kunjungan wisatawan. Untuk saat ini, ada dua cara paling efektif untuk melihat pemandangan bawah laut Nusa Penida. Yaitu, snorkeling dan scuba diving.

Lokasi antara ketiga pulau Nusa sangat berdekatan dan dipisahkan oleh perairan laut yang tidak terlalu lebar. Sehingga, saat anda melakukan snorkeling di pulau Nusa Penida, kemungkinan besar anda juga telah melakukan snorkeling di pulau Nusa Lembongan atau pulau Nusa Ceningan.

Beberapa spot snorkeling di pulau Nusa Penida menawarkan arus laut cukup tenang, walaupun arus dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, jarak pandang saat snorkeling lumayan bagus sekitar 10 meter sampai 20 meter pada siang hari, terutama pada saat musim kemarau.

Biota Laut Nusa Penida

Perairan antara pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan memiliki pemandangan bawah laut sangat indah. Sehingga banyak penyelam international tertarik untuk snorkeling atau menyelam di perairan Nusa Bali.

Keindahan pemandangan bawah laut yang akan anda dapat lihat seperti; terumbu karang yang masih sehat, serta aneka ragam kehidupan bawah laut.

Menurut situs Coral Triangel Center, terdapat 296 spesies terumbu karang dan 576 spesies ikan karang pada kawasan perairan Nusa Penida. Bagus atau tidaknya kondisi terumbu karang, tergantung dari lokasi anda menyelam. Namun sebagian besar kondisi terumbu karang di Nusa Penida masih sehat.

Biota bawah laut yang kemungkinan besar dapat anda lihat saat snorkeling atau menyelam di perairan Nusa Bali seperti, penyu hijau, ikan pari Manta, belut pelangi. Mola-Mola serta ikan Frogfish.

Daftar Lokasi Snorkeling Nusa Penida Bali

Selain aktivitas scuba diving, untuk melihat keindahan biota laut wisatawan juga mencoba aktivitas snorkeling. Berikut ini spot terbaik dan banyak diminati wisatawan saat ingin mencoba snorkeling di pulau Nusa Penida.

1. Snorkeling Perairan Crystal Bay Nusa Penida

Crystal Bay Nusa Penida lebih banyak di kenal wisatawan sebagai destinasi wisata pantai pasir putih di pulau Nusa Penida. Lokasi garis pantai yang menghadap ke sisi barat daya, membuat pantai Crystal Bay Nusa Penida salah satu lokasi terbaik melihat sunset di pulau Nusa Penida. Selain itu, lokasi Crystal Bay juga berdekatan dengan Gamat Bay yang hanya berjarak 15 menit perjalanan darat.

2. Manta Point & Manta Bay Snorkeling Nusa Penida

Salah satu aktivitas snorkeling yang paling banyak diminati wisatawan saat liburan ke pulau Nusa Penida adalah berenang disamping Ikan Pari Manta (Manta Ray). Lokasi terbaik di Nusa Penida untuk dapat berenang di samping Ikan Pari Manta adalah Manta Point Nusa Penida dan Manta Bay Nusa Penida. 

Untuk mencapai lokasi Manta Point dan Manta Bay Nusa Penida anda harus menggunakan perahu. Karena lokasi Manta Point dan Manta Bay Nusa Penida berada di tengah laut.

Lokasi Manta Point dan Manta Bay daya tarik utamanya adalah untuk melihat ikan Pari Manta, bukan untuk melihat terumbu karang. Karena area snorkeling di Manta Point dan Manta Bay, perairanya sangat dalam dan sedikit bergelombang.