Social Media Market Research Tools Terbaik Berdasarkan Jenisnya

  • 2 min read
  • Jan 05, 2021
Social Media Market Research

Media sosial merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat di jaman sekarang. Media sosial mempunyai banyak fungsi yang dapat digunakan. Seperti dapat untuk melakukan interaksi dan berkomunikasi, mengetahui kabar terbaru, hingga dapat untuk mencurahkan isi hati. Media sosial juga dapat digunakan untuk mengeluarkan berbagai pendapat. Termasuk juga mengenai pendapatan dari barang yang baru dibeli. Hal tersebut akan direkam dan bisa menjadi bahan riset pasar yang dilakukan oleh produsen. Karena mempunyai pendapat yang jujur tersebut maka media sosial dapat dijadikan sebagai riset yang terbaik. Sehingga akan dapat untuk menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kualitas produk hingga memantau saingan.

Ketika Anda akan melakukan riset pasar bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi nantinya hal tersebut akan membutuhkan banyak waktu. Dimana untuk melakukan riset pasar harus memperhatikan banyak hal. Mulai dari menggunakan analisis yang tepat mengenai profiling konsumen potensial yang bisa ditawari produk, menggunakan influencer yang tepat, memantau mengenai kompetitor produk, dan juga berbagai hal lainnya. Sehingga untuk mempermudah hal tersebut maka Anda bisa menggunakan jasa dari tempat yang menyediakan data yang dibutuhkan untuk kegunaan promosi. Pastikan untuk memilih jasa yang menggunakan social media market research tools terbaik seperti dari Sonar Platform. Dimana untuk media sosial akan mempunyai strategi yang berbeda. Sehingga promosi akan menjadi lebih efektif untuk dilakukan apabila digunakan untuk membantu bisnis. Adapun untuk beberapa jenis media sosial dan cara promosi yang dapat dilakukan adalah:

  • Facebook

Media sosial pertama yang sering digunakan dan juga mempunyai banyak pengguna di Indonesia adalah Facebook. Ada banyak cara promosi yang dapat dilakukan di media sosial yang satu ini agar bisa membuat promosi lebih terarah. Seperti fitur Facebook Page dan juga Groups yang biasanya akan menjadi tempat yang fokus untuk promosi. Facebook juga mempunyai keuntungan karena bisa menyertakan gambar dan grafis. Sehingga hal tersebut akan lebih disukai dan menarik dibandingkan teks bacaan yang panjang. Pengguna Facebook juga lebih beragam sehingga mempunyai jangkauan dan target yang lebih luas.

  • Line

Media sosial selanjutnya yang bisa menjadi riset pasar yang dapat digunakan untuk media promosi adalah di Line. Line juga mempunyai pengguna yang banyak dan juga mempunyai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk promosi. Anda bisa menggunakan fitur layanan yang digunakan untuk dapat berpromosi. Dimana untuk keuntungan dari menggunakan Line adalah bisa mempunyai manajemen yang lebih rapi. Sehingga hal tersebut akan dapat untuk menyimpan kontak dan juga melakukan promosi dengan fitur broadcast message secara bersamaan untuk dapat meningkatkan penjualan.

  • Twitter

Jenis media sosial lainnya yang bisa menjadi untuk riset pasar yang terbaik adalah di Twitter. Sehingga hal ini akan membantu untuk dapat melakukan promosi yang sesuai dengan pengguna media sosial yang satu ini. Dimana Twitter mempunyai banyak fitur yang akan bisa dimanfaatkan untuk promosi. Mulai dari tweet yang ditulis, events, dan juga berbagai fitur di Twitter lainnya.

  • Instagram

Media sosial terakhir yang bisa menjadi riset pasar dan juga mempunyai cara promosi yang berbeda adalah Instagram. Anda akan mudah untuk menemukan iklan di Instagram. Mulai dari menggunakan jasa influences, IGTV, promosi, dan juga berbagai cara lainnya. Sehingga Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk dapat melakukan promosi produk atau jasa yang dipunyai dan mempunyai lebih banyak potensi konsumen.