Social Media Marketing: Cara Kerja, Jenis, dan Tools Penunjang

  • VivaNews
  • Feb 23, 2022

Dunia digital saat ini telah mengambil alih peradaban manusia. Masyarakat sangat bergantung dengan internet. Salah satu hal yang digandrungi sebagian besar masyarakat saat sedang menggunakan internet adalah media sosial. Media sosial begitu banyak jenisnya. Namun, setiap orang setidaknya memiliki tiga jenis media sosial di smartphone mereka.

Di Indonesia sendiri, tingkat penetrasi internet pada tahun 2021 berada di peringkat 15 di antara negara-negara Asia. Sedangkan media sosial yang paling banyak digunakan adalah YouTube sebesar 88%. Diikuti oleh WhatsApp (84%), Facebook (82%), Instagram (79%), dan Twitter (56%). Platform media sosial baru seperti Pinterest (34%), Snapchat (28%), dan TikTok (25%) juga mencatat angka penetrasi yang signifikan (Menurut Muller 2020).

Hal tersebut yang menjadi landasan mengapa saat ini social media marketing merupakan salah satu cara jitu untuk meningkatkan penjualan dan engagement suatu perusahaan atau bisnis. Para pemilik bisnis dan brand juga diharapkan dapat memahami pentingnya beriklan di media sosial.

Nah, pada artikel kali ini akan menjawab kebutuhan kalian terhadap pemahaman mengenai social media marketing. Akan dijabarkan secara komprehensif mulai dari apa itu social media marketing, pentingnya social media marketing, jenis-jenisnya, cara kerja, hingga tips dan trik dalam memanfaatkan social media marketing agar mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Cara Kerja Social Media Marketing

Generasi muda saat ini adalah generasi instan yang tidak terlalu suka segala sesuatu yang rumit. Alih-alih menggunakan berbagai platform berbeda untuk chatting, membaca berita, dan berbelanja, mereka justru lebih suka hanya menggunakan satu platform untuk melakukan semua aktivitas tersebut. Dan platform yang dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk melakukan segala aktivitasnya adalah media sosial.

Menentukan Strategi

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai social media marketing adalah menentukan strategi. Strategi yang dimaksud yaitu menentukan tujuan, target pasar, saluran media sosial yang akan digunakan (YouTube, Instagram, Facebook, atau lainnya), dan jenis konten yang akan dibagikan. Jenis konten yang dibagikan bisa berupa foto, video, Q&A (tanya jawab), atau konten berhadiah dalam bentuk giveaway.

Perencanaan dan Penerbitan

Setelah strategi bisnis sudah matang dan platform media sosial yang akan digunakan juga sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah penerbitan. Tentukan kapan saja kalian akan menerbitkan konten-konten promosi melalui media sosial. Sebaiknya jadwalkan pula waktu posting yang efektif seperti pada saat weekend, pagi hari ketika orang-orang baru bangun tidur, sore hari, atau lainnya.

Tools Penunjang Social Media Marketing

Tentunya kehadiran beberapa tools penunjang akan sangat membantu kinerja dari strategi marketing. Berikut akan disebutkan beberapa tools penunjang tersebut. Silakan disimak!

Google Trends menyediakan berbagai kata kunci dari konten-konten yang sedang banyak dicari dan viral. Dengan menggunakan Google Trend, maka konten dapat disesuaikan dengan kata kunci yang sedang populer sehingga akan menarik perhatian users.

Related Post :