Tentang Induk Organisasi Bola Basket

  • 2 min read
  • Aug 28, 2021
Induk Organisasi Bola Basket

Induk organisasi bola basket internasional atau FIBA adalah organisasi tertinggi yang mengatur segala aturan yang berkaitan dengan olahraga bola basket dunia. Adapun FIBA bermarkas di Jenewa Swiss yang didirikan pada tanggal 18 Juni 1932 dengan nama Federation International De basketball amateur. Negara pendiri FIBA ini adalah Cekoslowakia, Argentina, Yunani, Portugal, Rumania, Italia dan Swiss. FIBA sendiri menggelar berbagai kejuaraan bola basket dunia yaitu FIBA kejuaraan antar negara dan kejuaraan dunia antar klub FIBA.

Kejuaraan dunia pertama kali di selenggarakan khusus untuk laki-laki pada tahun 1950 kemudian menyusul kejuaraan dunia khusus wanita di tahun 1953. Setelah itu kejuaraan bola basket diselenggarakan setiap empat tahun sekali sampai sekarang dan ditahun yang berbeda dengan penyelenggaraan Olimpiade. Berbicara soal olimpiade ada satu hal yang cukup unik untuk di bicarakan di mana FIBA memberikan aturan khusus yang mengatur bahwa hanya pemain berlevel amatir saja yang bisa mengikuti turnamen Olimpiade.

Namun sejak tahun 1989 FIBA akhirnya memberi kesempatan bagi para pemain yang sudah profesional untuk bisa berpartisipasi dalam olimpiade. Aturan inilah yang membuat banyak pemain-pemain dari NBA memperkuat negaranya masing-masing di Olimpiade. Keputusan inilah yang menjadikan negara Spanyol, Amerika Serikat, Jerman, Lithuania, Argentina hingga Perancis selalu menguasai pergelaran Olimpiade dikarenakan memang pemain yang profesional banyak di kedua Liga tersebut.

Bahkan, penonton yang melihat permainan tersebut seakan disuguhkan dengan permainan sekelas NBA. Maka tidak heran, Olimpiade kian menarik sejak ada pemain profesional yang bertarung untuk membela masing-masing negaranya.

Ada lagi cerita unik lain tentang FIBA yaitu kepindahan markas mereka yang tadinya di Jenewa Swiss sekarang sudah ada di Munich. Namun di tahun 2002, FIBA kembali ke pusatnya di di Jenewa dan semakin  sering melaksanakan kejuaraan-kejuaraan bola basket seperti untuk turnamen antar negara yaitu kejuaraan dunia FIBA  dan kejuaraan bola basket Olimpiade. Kemudian, ada juga untuk turnamen antar klub FIBA.

Adapun peran dari induk organisasi bola basket ini adalah mengatur segala hal yang berkaitan dengan permainan. Mulai dari ukuran, jenis bola yang diperbolehkan, kejuaraan yang bisa diselenggarakan hingga beragam fasilitas lainnya. Enaknya lagi, peraturan yang sudah ditetapkan bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja saat pemain profesional NBA diperbolehkan untuk mengikuti permainan bola basket Olimpiade.

Di masing-masing negara, tentu ada juga induk organisasi bola basket yang mengatur aturan dan ketentuan sesuai dengan kondisi dari negara tersebut. Misalnya saja Indonesia, dimana induk organisasi bola basket adalah Perbasi yang mengatur beragam peraturan dan kejuaraan sesuai dengan kondisi. Selain itu, para pemain yang ingin berkompetisi di dunia internasional pun diberi fasilitas khusus dengan tujuan agar mengharumkan nama bangsa dan negara.

Dimulai dari kejuaraan antar organisasi hingga yang sifatnya nasional dan internasional. Tujuannya adalah agar menemukan ‘bibit’ pemain baru yang memiliki teknis dan gaya yang terkesan profesional. Nah, bagi Anda yang ingin mendalami olahraga ini tidak ada salahnya untuk mencari informasi sebanyak mungkin melalui media online. Adapun cara ini tergolong mudah dan Anda pun bisa mendapatkan informasi penting terkait peningkatan prestasi Anda nantinya di bola basket. Jadi, tunggu apalagi? Segera berlatih dengan disiplin dan komitmen tinggi terlebih beberapa gerakan yang membuat lemparan maupun gerakan teknis lainnya bisa teruji. Ditambah lagi dukungan penuh dari organisasi induk bola basket maupun nasional dan internasional.