Tips Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Baik dan Benar

  • 2 min read
  • Oct 21, 2020
sabun cuci tangan

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sangat berguna sekali bagi diri sendiri dan keluarga. Apalagi anda yang sudah mempunyai buah hati, tentunya ketika si kecil sudah terbiasa mencuci tangan pakai sabun dengan menggunakan sabun cuci tangan. Karena ketika sudah terbiasa mencuci tangan dengan sabun sedini mungkin anda juga sebagai orang tua tidak perlu khawatir dengan kesehatannya, alasannya kesehatan tubuh berawal dariĀ  tangan yang bersih.

Cara Membasuh Tangan Pakai Sabun yang Baik dan Benar

Sekarang anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara membasuh tangan pakai sabun dengan baik dan benar serta manfaat cuci tangan agar mencegah dari macam-macam penyakit. Langsung saja simak di bawah ini :

  • Mulailah membersihkan tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu pakai sabun bersihkan tangan ke telapak tangan Anda seperlunya. Rekatkan di antara tangan kanan serta tangan kiri Anda.
  • Kemudian posisikan telapak tangan kanan Anda di atas punggung tangan kiri serta kebalikannya. Biasanya sisi ini kerap lepas dari perhatian sebab sebagian besar orang cuman membersihkan telapak tangan.
  • Telapak dengan telapak serta antara jemari harus juga dibikin bersih dengan sabun. Gosokkan sabun di semua antara jemari sampai berbuih. Sisi jemari yang ini sering jadi tempat bersarangnya kotoran serta bakteri selesai melakukan aktivitas.
  • Tempatkan punggung jemari di telapak satunya dengan jemari sama-sama menutup, supaya makin rata ke semua sisi tangan.
  • Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri serta kebalikannya.
  • Jemari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan serta ke kiri di telapak tangan serta kebalikannya.

Manfaat Bersihkan Tangan Supaya Terhindar dari Beberapa Macam Penyakit

Iritasi mata, infeksi, serta trakoma

Salah satunya pemicu paling besar masalah kesehatan mata ialah tangan yang kotor. Saat mata berasa kurang damai atau gatal, sebagian besar orang akan memakai tangan untuk menyeka atau menggaruknya. Walau sebenarnya belum pasti tangan Anda telah higienis sesudah melakukan aktivitas. Rutinitas ini akan jadi parah penyakit mata. Bahkan juga penyakit mata beresiko seperti trakoma berlangsung sebab mata terkena virus atau bakteri ganas. Anda harus pastikan jika tangan Anda betul-betul telah bersih sebelumnya menyentuh mata.

Diare serta Cacingan

Tidak cuma kandung makanan yang dapat menyebabkan munculnya penyakit diare. Melahap makanan dengan tangan yang kotor adalah pemicunya. Virus serta bakteri yang melekat di tangan akan masuk langsung ke badan jika Anda makan dengan tangan yang kotor. Diare tetap jadi satu diantara 5 pemicu penting kematian beberapa anak di dunia. Itu penyebabnya rutinitas membersihkan tangan harus di ajarkan sedini kemungkinan.

Kecuali diare, tangan yang kotor rawan mengakibatkan cacingan. Telur-telur cacing yang melekat di tangan dapat masuk di badan serta berkembang biak. Mengakibatkan, badan akan kekurangan nutrisi sebab cacing-cacing wajahit terus berkembang dan tumbuh biak didalamnya. Bila tidak mendapatkan perawatan intens, cacingan dapat berpengaruh fatal untuk kesehatan badan.

Masalah Sistem Pernafasan

Anda bisa meminimalisir efek masalah skema pernafasan dengan membersihkan tangan. Patogen yang menyebabkan penyakit pernafasan kerap melekat di tangan kotor. Jadi, cuci tangan Anda secara benar setiap saat usai melakukan aktivitas. Hingga tidak ada bakteri yang masuk di badan Anda. Faedah bersihkan tangan akan membuat skema pernafasan Anda terus sehat. Anda tidak akan alami masalah pernafasan enteng atau berat seperti batuk, dahak terlalu berlebih, kerongkongan gatal, atau napas sesak.

Demikianlah artikel tentang cara mencuci tangan denga baik dan manfaatnya. Anda harus terus selalu menjaga kesehatan terutama kesehatan pada tangan anda. Dengan selalu mencuci tangan tentunya anda akan selalu terhindar dari berbagai macam penyakit.