Hapus aplikasi yang menggunakan data yang tidak Anda gunakan. Banyak aplikasi yang telah Anda instal mungkin sama sekali tidak berguna, tergantung pada bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda. Luangkan waktu untuk membersihkan ponsel Anda dan hapus semua aplikasi yang tidak Anda gunakan. Selain membuat ponsel Anda lebih cepat, ini juga akan secara signifikan mengurangi penggunaan data Anda.

Batasi Penggunaan data Latar belakang Anda / aktifkan penyegaran aplikasi latar belakang

Jika Anda pengguna iPhone, Anda dapat mengaktifkan opsi yang disebut aplikasi refresh latar belakang. IOS, sistem operasi iPhone, sudah memiliki algoritma pembelajaran pintar yang memungkinkannya belajar dari interaksi Anda dengan aplikasi dan menyesuaikan jadwal operasi.

Dengan menyesuaikan penyegaran aplikasi latar belakang, Anda dapat mengatur perangkat Anda hanya untuk menyegarkan data saat terhubung ke WiFi, pada waktu tertentu atau di lokasi tertentu. Ini dapat membantu Anda mengurangi penggunaan data karena data latar belakang dapat menjadi penghalang besar untuk kuota Anda.

Hanya Unduh Pembaruan Saat terhubung ke WiFi

Ini terkait dengan poin sebelumnya, tetapi cukup penting untuk menjamin lebih banyak penekanan. Pembaruan adalah salah satu hal terbesar yang akan menghabiskan data Anda. Jika Anda mengatur perangkat Anda untuk hanya mengunduh pembaruan saat terhubung ke WiFi, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam penggunaan data Anda. Baik di Android dan iOS ada opsi yang dapat Anda aktifkan yang akan menginstruksikan ponsel untuk hanya mengunduh pembaruan saat ponsel terhubung ke WiFi.

Gunakan Aplikasi Kompresi Data

Jika Anda mengirim dan menerima file data besar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kompresi data. Musik dan video dapat menyerap banyak data Anda jika Anda mentransfernya tanpa mengompresnya.

Bagaimana Trik Mengurangi Penggunaan Data Seluler Anda ?

Jika Anda mengompres file Anda sebelum mengirim atau menerimanya, Anda dapat menghemat banyak pada penggunaan data Anda. Ini berlaku terutama untuk musik dan video karena sangat intensif data, tetapi juga penting untuk pencarian web dan email Anda. Jika Anda mengompres setiap bit data yang Anda kirim, secara teoritis Anda dapat mengurangi konsumsi data hingga mendekati 50%.

Gunakan Aplikasi Kotak surat terpusat

Kebanyakan orang memiliki berbagai alamat email. Anda mungkin memiliki alamat pribadi, alamat kantor, satu untuk sekolah, dll. Jika Anda menggunakan aplikasi terpisah untuk setiap platform di mana Anda memiliki alamat email, Anda menggunakan lebih banyak data daripada yang Anda butuhkan, karena setiap aplikasi bekerja secara terpisah. Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi website https://kuotabro.com/.

Gunakan Wi-Fi Sebanyak Mungkin

Ini mungkin terdengar seperti no-brainer, tetapi menggunakan Wi-Fi sebagai ganti data dapat sangat membantu Anda dalam jangka panjang. Orang sering tahu ini benar, tetapi Anda mungkin tidak memperhatikan ini sebagaimana mestinya. Segera setelah Anda menggunakan Wi-Fi, pastikan Anda mematikan data seluler Anda, karena jika tidak ponsel Anda akan terus menggunakan data seluler.

Manfaatkan Fitur Mode Offline

Banyak aplikasi memiliki fitur mode offline yang memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi bahkan ketika Anda tidak terhubung ke internet. Misalnya, YouTube memungkinkan Anda mengunduh video yang ingin Anda tonton. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan data saat Anda tidak lagi memiliki akses ke Wi-Fi.