Pesan Nasi Tumpeng di Cikarang – Tumpeng merupakan salah satu sajian wajib saat syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen dalam acara peresmian gedung, rumah baru, ulang tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan pada hari Kemerdekaan.

Tumpeng sendiri biasanya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucut yang diletakkan di atas tampah bambu lalu disajikan dengan beragam lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat saja, ternyata tumpeng juga sarat akan makna serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Tumpeng ternyata sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum masuknya agama di Nusantara.

Dalam bahasa Jawa, tumpeng merupakan sebuah akronim dari kata, ‘yen metu kudu sing mempeng’ yang artinya ‘kalau keluar harus yang sungguh-sungguh’. Akronim tersebut bermakna bahwa setiap pekerjaan harus dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga hasil yang diperoleh pun akan maksimal.

Selain itu, bentuk kerucut pada nasi tumpeng merupakan representasi dari kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak gunung dan perbukitan. Pada zaman dahulu, gunung dianggap sebagai tempat suci bersemayamnya para Dewa dan arwah para leluhur.

Sajian tumpeng beserta aneka lauk biasanya digunakan sebagai persembahan atau sesaji yang di berikan untuk Dewa atau arwah leluhur. Namun, lambat laun arti tumpeng mengerucut mulai bergeser sebagai makna dari harapan agar hidup selalu sejahtera dan penuh berkah.

Pada jaman dahulu, tumpeng selalu disajikan dengan nasi putih. Nasi putih dan lauk pauk yang terdapat dalam  nasi tumpeng mempunyai makna yang berbeda-beda.

  1. Nasi putih: berbentuk gunungan atau kerucut yang melambangkan tangan yang merapat menyembah tuhan. Nasi putih juga melambangkan bahwa segala sesuatu yang kita makan menjadi darah dan daging haruslah dipilih dari sumber yang bersih atau halal. Bentuknya yang berupa gunungan juga dapat diartikan sebagai harapan agar kesejahteraan hidup kita semakin “naik” dan “tinggi”.
  2. Ayam: makna terkandung pada saat menyembelih ayam jago yaitu untuk menghindari sifat-sifat buruk yang dilambangkan oleh ayam jago, diantaranya adalah sifat sombong, congkak, kalau berbicara selalu menyela dan merasa tahu/menang/benar sendiri (berkokok), tidak setia, dan tidak perhatian dengan anak istri.
  3. Ikan Teri/Gereh Pethek: ikan teri melambangkan kerukunan dan kerjasama yang harus dibina sesama manusia.
  4. Telur: melambangkan kesempurnaan.
  5. Sayuran dan urab-uraban: Urap sayuran merupakan jenis menu yang umum dipilih yang dapat mewakili tumbuhan darat. Jenis sayurnya tidak dipilih begitu saja karena tiap sayur juga mengandung perlambang tertentu. Sayuran yang harus ada adalah:
  • Kangkung: Kangkung juga berarti ‘jinangkung’ yang artinya melindungi.
  • Bayam: Sayur ini melambangkan kehidupan yang ayem tenterem (aman dan damai), tidak banyak konflik seperti sederhananya bentuk daun dan sejuknya warna hijau pada sayur bayam.
  • Taoge: Di dalam sayur kecil ini mengandung makna pengharapan bahwa manusia dapat terus tumbuh dan berkembang, mempunyai anak cucu.
  • Kacang Panjang: Kacang panjang harus hadir utuh, Maksudnya agar manusia hendaknya selalu berpikir panjang sebelum bertindak. Selain itu kacang panjang juga melambangkan umur panjang.
  • Bawang merah: yang melambangkan kita harus mempertimbangkan segala sesuatu dari sisi baik buruknya dengan matang.
  • Cabe merah: biasanya diletakkan di ujung tumpeng. Ini merupakan simbol dilah/api yang memberikan penerangan/tauladan yang akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
  • Kluwih: yang dalam bahasa jawa berarti linuwih atau mempunyai kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Bumbu urap yang berarti urip/hidup atau mampu menghidupi dan menafkahi keluarga.

Anda tak perlu repot karena bisa pesan nasi tumpeng Cikarang yang merupakan catering profesional khusus yang bertempat tinggal di kawasan Cikarang dan sekitarnya. Sebagai penyedia jasa catering Nasi tumpeng di Cikarang, menyediakan berbagai menu pilihan nasi tumpeng yang variatif dan memiliki cita rasa lezat.

Pesan nasi tumpeng di Cikarang Sekarang Juga:

Karena nasi tumpeng memiliki rasa yang gurih, mengecap pelengkap lainnya yang harus disajikan oleh Pesan nasi tumpeng Jakarta Barat merupakan, asin, manis, pedas & segar. Berikut isi nasi tumpeng yang dapat menjelmakan rasa nasi tumpeng sebagai lebih nikmat.

Isi baru yang harus ada yakni lauk, lauk yang mengelokkan tepat untuk menemani tumpeng yaitu daging ayam, uci-uci ayam ini bisa dibakar, di goreng krispi/di sambal balado. Lazimnya Pesan nasi tumpeng Jakarta Barat sudah memberikan opsi, tinggal Anda yang memilih lauk apa yang Dikau inginkan. Kemudian, sambal goreng, umumnya sambal goreng pada tumpeng disajikan basah/kering. Banyak juga varian sambal goreng yang dapat Kamu pilih untuk melengkapinya, senyampang sambal goreng kentang lelap atau sambal goreng ati ampela basah.

Setelah mengetahui beberapa ulasan mengenai pilihan menu di atas, pasti Anda yang hendak menyelenggarakan suatu acara dengan menyajikan nasi tumpeng pasti sudah tidak sabar lagi untuk pesan nasi tumpeng di Cikarang.